Miskonsepsi Mahasiswa Dalam Menentukan Grup Pada Struktur Aljabar Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) Di Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Antasari

Authors

  • Analisa Fitria

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.50

Keywords:

Pemahaman Konsep, Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), grup

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika IAIN Antasari  yang mengambil matakuliah struktur aljabar pada semester genap Tahun Akademik 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase mahasiswa yang mengalami miskonsepsi, tahu konsep, dan tidak tahu konsep pada pembelajaran konsep grup; pada subkonsep apa mahasiswa mengalami miskonsepsi dan apa penyebab terjadinya miskonsepsi.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pada penelitian ini digunakan teknik  Certainty of Response Index  (CRI) untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa. Identifikasi dilakukan dengan menggunakan tes diagnostik esai berstruktur yang dilengkapi indeks keyakinan mahasiswa terhadap jawaban tes. Untuk mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi dilakukan wawancara.Hasil analisis data diagnostik CRI mahasiswa menunjukkan bahwa dari 34 orang mahasiswa yang menjadi objek penelitian, 48,12% mahasiswa mengalami miskonsepsi sedangkan sisanya 26,07% tahu konsep dan 25,81% tidak tahu konsep. Persentase miskonsepsi tertinggi ditemukan pada subkonsep elemen netral dari suatu himpunan terhadap operasi yang ditentukan dan diikuti dengan subkonsep operasi biner. Hasil wawancara menunjukkan bahwa penyebab terjadinya miskonsepsi antara lain karakter konsep grup yang bersifat abstrak.

References

Branata, S., A. 1987. Pengertian-pengertian dasar dalam pendidikan luar biasa. Jakarta: Depdikbud.

Euwe Van Den Berg. 1991. Miskonsepsi fisika dan remidiasi. Salatiga: UKSW.

Intan Sari Rufina. 2010. Analisis karakteristik gaya belajar mahasiswa ditinjau dari preferensi sensori. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Nanda Prasetyorini. 2011. Profil miskonsepsi siswa pada materi pokok pecahan ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Jurusan Matematika, FMIPA, Unesa.

Nasution. 2010. Berbagai pendekatan dalam proses belajar & mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Nuniek Pradita Sari. 2012. Pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Paul Suparno. 2005. Miskonsepsi dan perubahan konsep pendidikan fisika. Yogyakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ratna Wilis Dahar. 1996. Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga.

Saleem Hasan, D. Bagayko, and E. L. Kelley. 1999. “Misconception and the Certainty of Response Index (CRI)”. Phys. Education. Vol. 34, No. 5, pp. 294-299.

Subhan. 2009. Analisis miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal uraian berbentuk cerita pada bidang studi matematika. Jurusan Tarbiyah STAIN Cirebon.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Murni, D. dan Suratmi. 2012. Penggunaan Teknik Certainty Of Response Index untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Umum. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Eksakta, Vol. 5 (1) p. 64-69.

Downloads

Published

2014-08-19

Issue

Section

Articles