Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik yang Belajar dengan Google Classroom

Andi Susanto, Yulia Desri Yanti, Rozi Fitriza

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan google classroom. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang pendidik matematika di kelas XII IPA SMA Negeri 2 Solok. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Waktu penelitian pada bulan Desember 2020 di SMA Negeri 2 Solok. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan pendidik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan google classroom: 1) Pendidik meminta peserta didik untuk meresume/meringkas kembali materi yang telah dipelajari. 2) Pendidik mengirimkan materi berupa file, powerpoint atupun video yang disajikan secara terstruktur dan dilengkapi  gambar. 3) Pendidik meminta peserta didik untuk menganalisis video dari materi pembelajaran. 4) Pendidik memberikan remedial untuk peserta didik yang belum tuntas dan memberikan pengayaan untuk peserta didik yang sudah tuntas. Jadi dapat disimpulkan ada beberapa upaya yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan google classroom di kelas XII IPA SMA Negeri 2 Solok.

Keywords


Pemahaman Konsep Matematika; Google Classroom

Full Text:

PDF

References


Cecik, S. (2017). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Pendekatan Visualisasi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Chotijah, S., & Susanto, A. (2019). Efektivitas Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Jurnal Tadris Matematika , 2 (2), 196.

Faizah, L. (2020). Implementasi Aplikasi Google Classroom dalam Pembelejaran Daring Matematika Masa Pandemi Covid-19 (Studi Analisa Krativitas Mengajar Guru Matematika di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020). Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Gunawan, F. I. (2018). Pengembangan kelas Virtual Dengan Google Clasroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia , 341.

Hapsari, M. J. (2019). Penggunaan Alikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Tipe Think Pair Share di SMKN 3 Banjarmasin. Seminar Nasional Pendidikan Matematika , 156.

Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform WhatsApp Group dan Webiner Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mtematika , 5 (1), 101.

Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Media Pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika dirumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) , 6 (1), 94.

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah (JIPFRI) , 4 (1), 27.

Pujiati, d. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung pada Materi Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 1 (1), 38.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Susanto, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Reciprocal Teaching dan Model Air Auditory Intelectualy Repetition. Math Educa Journal , 3 (2), 220.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan , 2 (2), 103.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jpm.v8i2.4729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY

  

 

 

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) by http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.