AURORA 3D PRESENTATION DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMPN 24 BANJARMASIN

Authors

  • M. Lukman Hakim
  • Juhriyansyah Dalle

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v2i2.1177

Keywords:

aurora 3D presentation, bangun ruang

Abstract

Software Aurora 3D Presentation yang merupakan media pembelajaran interaktif yang diadaptasi dari software sebelumnya yaitu Microsoft Power Point. Hanya saja, Aurora 3D Presentation menyajikan kemudahan dalam penggunaan animasi presentasi baik dua atau tiga dimensi. Aurora 3D Presentation dipilih dikarenakan software yang berbasis presenatsi dan tidak terlalu mengurangi peranan guru dalam proses pembelajaran, selain itu software ini memiliki fitur-fitur tiga dimensi yang mudah digunakan serta mendukung materi yang akan diajarkan atau diteliti yaitu bangun ruang sisi lengkung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif Aurora 3D Presentation dan model pembelajaran konvensional pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMPN 24 Banjarmasin tahun pelajaran 2014/2015.Penelitian kali ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kelas IX.A, IX.B, IX.C, IX.D, IX.E, dan IX.B SMPN 24 Banjarmasin yang dibagi menjadi dua kelompok atau dua kelas. Yaitu kelas eksperimen (kelompok uji coba) dan kelas kontrol (kelompok kendali) yang ditentukan melalui teknik Sample Random Sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen adalah kelas IX.C dan kelas kontrol adalah kelas IX.A. Pada kedua kelas tersebut akan diberikan tes kemampuan awal, pre test, dan post test.Berdasarkan uji t pada hasil belajar siswa melalui post test, diperoleh harga thitung = 2.185dan ttabel = 2.000. Karena -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, kemudian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif Aurora 3D Presentation dan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMPN 24 Banjarmasin tahun pelajaran 2014/2015.

References

Adinawan, M. Cholik, Sugijono. 2003. Matematika untuk SMP Kelas IX. Jakarta : Erlangga.

Ahmadi, Iif Khoiru. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta : PT. Pustakarya.

Ariani, Niken, Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.

Donald Ary, et. al., 1982. Introduction to Research in Education, diterjemahkan oleh Arief Furhan dengan judul, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Bandung : Usaha Nasional.

Nazir, 1999. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nasution. 2005. Teknologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Perkasa.

Usman, Setiawati. 2001. Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Rakhmawati, Tutut Her, 2013. D Aurora Presentation 2.012 Sebagai Media Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri Bobotsari.http://digilib.uin-suka.ac.id/9247/1/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdfdiakses 13 Desember 2013.

Riduwan, 2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, Wina,2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Warsita, Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Downloads

Published

2017-04-19

Issue

Section

Articles