PENGGUNAAN MEDIA TANGRAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI KESEBANGUNAN DI KELAS IX MTs SITI MARIAM BANJARMASIN

Authors

  • Sa Rah
  • Lathifatur Rahmah

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v3i1.1183

Keywords:

tangram, kesebangunan

Abstract

Materi kesebangunan secara teoritis dianggap sulit karena siswa kurang memahami apa perbedaan antara kesebangunan dan kekongruenan suatu bangun datar. Selain materinya memang sulit, dalam menyajikan materi guru jarang menggunakan media  yang dapat menarik minat siswa dan bersifat konkrit terhadap pelajaran matematika. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat mengakrabkan matematika dengan anak, diantaranya melakukan suatu pembelajaran dengan menggunakan media tangram. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media tangram dalam pembelajaran matematika pada materi kesebangunan dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan media tangram dalam pembelajaran matematika pada materi kesebangunan di kelas IX MTs Siti Mariam Banjarmasin tahun pelajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif.  Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru yang mengajar matematika di kelas IX.B dan seluruh siswa kelas IX.B yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah media tangram yang digunakan dalam pembelajaran matematika materi kesebangunan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tangram pada pembelajaran matematika pada materi kesebangunan guru membagi siswa yang berjumlah  25 siswa menjadi 5 kelompok yang terdiri 5 siswa. Hasil belajar siswa pada saat berkelompok mencapai 83 dengan kategori amat baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi media tangram dalam pembelajaran matematika pada materi kesebangunan seperti faktor siswa yaitu minat dan keaktifan siswa, faktor guru, serta faktor sarana prasarana dan fasilitas sekolah, sudah dikatakan cukup baik karena sudah memenuhi 4 faktor tersebut.

References

Abdurahman, Mulyono, 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Achmad dan Cholid Narbuka, 2007. Metode Penelitian, Jakarta : Bumi Aksara.

Aminah, Siti, 2012. Media Tangram Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Siswa Kelas V, Surakarta, Digital Library FKIP Universitas Sebelas Maret.

Asnawir, Basirudin Usman, 2002. Media Pembelajaran, Jakarta : Ciputat Pers.

Arsyad, Azhar, 2003. Media Pembelajaran, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Aziz Permana, http://eostudent.blogspot.com/2013/11/tangram-media-pembelajaran-matematika.html, diakses tanggal 22 Oktober 2014.

Djamarah, Saiful Bahri, dan Aswan Zain, 1996. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Hasnawati, Yuni, 2008. Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambisari Purwomartani Kalasan Sleman, Yogyakarta, Digital Library UIN Sunan Kalijaga.

Keputusan Kepala Dinas Provinsi Kalimantan Selatan, Pedoman Penyelenggaraan Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Akhir Nasional Bagi Sekolah/Madrasah Tahun Pelajaran 2003/2004 Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Selatan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Dinas Pendidikan.

Nur Basmalah, Yuananda, 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Software Swish Max Dengan Pendekatan Matematika Realisti Realistik Pada Pokok Bahasan Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar, Yogyakarta, Digital Library UIN sunan Kalijaga.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 1991. Media Pembelajaran, Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Nurroh, Anisatun, 2010. Penggunaan Alat Peraga Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Luas Permukaan dan Volum Bangun Ruang di Kelas VIII B SMP Takhassus Al-qur’an Wonosobo, Semarang, Digital Library IAIN Walisongo.

Pujianti, 2004. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP, Diklat, Yogyakarta Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPGG) Matematika, Yogyakarta.

Riduwan, 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung : Alfabeta.

Rohani, Ahmad, 1997. Media Intruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina, 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana.

Sanjaya, Wina, 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Slameto, 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Subroto, Surya, 2007. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta : Rineka Cipta.

Sudijono, Anas, 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana, dan Ahmad Rivai, 1997. Media Pengajaran. Bandung : PT. Sinar Baru.

Sukmadinata, 2010. Nana Syaodih, Metodologi Penelitian, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer dan Lilis Setiawan, 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Yeni, Ety Mukhlesi, 2011. Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Aceh.

Downloads

Published

2017-04-19

Issue

Section

Articles