Hubungan Motivasi Kerja Dengan Job Performance Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Authors

  • Nur Qamarina Mamlu'atus Shalehah UIN Antasari Banjarmasin
  • Akhmad Sagir UIN Antasari Banjarmasin
  • Shanty Komalasari UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/jah.v4i3.6593

Keywords:

Dewan Eksekutif Mahasiswa, Job Performance, Motivasi Kerja

Abstract

Para mahasiswa yang mengikuti organisasi akan dipilih melalui seleksi dengan bermacam syarat dan cara yang sudah ditentikan agar mahasiswaa yang terpilih menjadi berpotensi. Mahasiswa yang menjadi penopang untuk mengembangkan, mencapai dan menjalankan job performance secara maksimal untuk organisasi ini. Job performance dilihat dari bagaimana mereka dalam mengerjakan tugas sampai selesai, dalam membagikan waktu, kemampuan dan tenaga agar terselesaikannya masalah. Di dalam pekerjaan, kita perlu memberikan pengaruh kepada anggota agar menyamakan motivasinya sesuai kebutuhan dalam organisasi. Motivasi kerja merupakan penggerak yang membuat seseorang ingin bekerja dan bisa bekerja sama, efektif dan bermutu dalam segala hal agar tercapaina kepuasan dalam bekerja. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian tentang Hubungan Motivasi Kerja Dengan Job Performance Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Antasari. Metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif berjenis korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 38 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik non-probality sampling dengan jenis sampel jenuh, yang menjadikan seluruh populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data memakai skala likert dengan menggunakan analisis data regresi linier sederhana yang dibantu dengan aplikasi komputer Statitical Packages for Science (SPSS) Release 25,0 for window. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi kerja dan job performance (r=0,557 dan p=0,000), berarti semakin tinggi motivasi kerja yang didapat anggota maka semakin tinggi juga job performancenya, sehingga hipotesis diterima, 2) tinggi motivasi kerja Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, paling banyak dalam kategori tinggi sebanyak 24 orang dengan presentase 63,2%, dan 3) tingkat job performance Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, rata-rata dikategori sedang dengan jumlah 22 orang dengan presentase 57,5%.

References

Abraham H Maslow. (1984). “Motivasi Dan Kepribadian: Teori Motivasi Dengan Ancangan Hirarki Kebutuhan Manusia (Judul Asli: Motivation and Personality),” Diterjemahkan Oleh Nurul Iman. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Andrey Satya Darmawan, Djamhur Hamid, and M Djudi Mukzam. (2013). “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan,” Jurnal Administrasi Bisnis 1, no. 1.

Cut Queentri Rahayu. (2017). “Hubungan Motivasi Dengan Kinerja Karyawan Di PT. Pupuk Iskandar Muda (Persero) Kabupaten Aceh Utara,”. Skripsi.

Fatma K Rezki. (2018). “PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI RSU DARMAYU PONOROGO TAHUN 2018,”

Hendra Safri. (2017). “Manajemen Dan Organisasi Dalam Pandangan Islam,” Kelola: Journal of Islamic Education Management 2, no. 2.

Jelpa Periantalo. (2019). “Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi”. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Muhammad Nafi’ Atqiya. (2017). “Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Kepuasan Kerja Pada PT. Pindad Malang,”.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2018). “Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015),”.

Novika Astriana and Shiddiq Nur Rahardjo. (2010). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Job Performance Auditor Pada Kantor Akuntan Publik Di Semarang,”.

Putri Octavianasari. (2017). “Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Kinerja Karyawan,” Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Robert L Mathis and John H Jackson. (2006). “Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia,” Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Roni Faslah and Meghar Tremtari Savitri. (2013). “PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA KARYAWAN PT. KABELINDO MURNI, Tbk.,” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB) 1, no. 2.

Siti Maisarah Hasibuan dan Syaiful Bahri. (2018). “Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja”, Maneggio: Jurnal ilmiah Magister Manajemen, Vol. 1, No. 1, September.

Suseno. (2010). “Pengaruh Pengaruh Dukungan Sosial Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Mediator Motivasi Kerja”, Jurnal Psikologi, Vol 37, No. 1, Juni.

Talissa Carmelia, Sri Tiatri, and Erik Wijaya. (2017). “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Akademik Dengan Job Performance Pada Mahasiswa Aktif Organisasi Kemahasiswaan,” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni 1, no. 2.

Wiwik Widiyanti. (2017). “Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Depok,” Cakrawala-Jurnal Humaniora 17, no. 2.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Shalehah, N. Q. M., Sagir, A., & Komalasari, S. (2023). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Job Performance Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Jurnal Al-Husna, 4(3), 164–173. https://doi.org/10.18592/jah.v4i3.6593

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>