Problem Kepemimpinan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dalam Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3029

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang problem kepemimpinan pendidikan MI dalam pengembangan mutu SDM Abad 21. Penelitian ini berusaha untuk merumuskan problematika kepemimpinan pendidikan  sekaligus merumuskan pemikiran solutif untuk mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian data menggunakan proses analisis observasi dan kajian dokumen. Setelah itu dilakukan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi menggunakan triangulasi. Kepemimpinan yang baik harus dapat meningkatkan kreativitas serta  mendorong peningkatan kompetensi serta menganalisis kebijakan yang harus di perbaharui untuk  menghadapi era globalisasi pada abad 21. Problem pendidikan yang ada  yaitu: 1) Membangun pendidikan karakter bangsa, yang dimulai dengan bentuk pembiasaan, pemahaman, keteladanaan dan dapat teraplikasi secara terus menerus, 2) Pendidikan dasar untuk semua yang menjamin bahwa seluruh anak bangsa berhak mendapatkan pendidikan, 3) Desentralisasi dan Otonomi Pendidikan harus jelas pembagian urusan pendidikan antar tingkat pemerintahan dan terukur juga tertulis berbagai kebijakan atau program yang dibiayai oleh pemerintah, provinsi atau kabupaten.

References

Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta:Ar-ruzz Media.

Appeal (1991) Education for All in the Asia-Pacific Region. Dokumen kelompok kerja APPEAL UNESCO Asia-Pasific Bangkok.

Ayu Wijaya, Etiska. Dwi Agus Sudjimat dan Amat Nyoto (2016). Transformasi pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Universitas Negeri Malang. Volume 1 Tahun 2016- ISSN 2528-259X.

Bafadal, Ibrahim. (2004) Peningkatan Profesionalisme Guru MI dalam Rangka Manajemen Mutu Berbasis Madrasah. Jakarta: Bumi aksara.

Depdiknas. (2006). Rencana Strategis Pendidikan Nasional Periode 2005-2009. Jakarta: Sekretariat Jenderal Depdiknas.

Deti, Mulyati. (2012). Manjarmen Pengembanagn Sumber Daya Aparatur Eselon III dalam rangka peningkatan Kinerja Individu. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kurniadin, Didin & Imam Machali. (2014). Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Permendiknas No. 19 tahun 2007.

Suryadi, Ace. (2014). Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim PGRI. (2014). Pendidikan Untuk Transformasi Bangsa. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Downloads

Published

2019-06-28

How to Cite

Rahmawati, R. (2019). Problem Kepemimpinan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dalam Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3029