Gambaran Sabar Pada Ibu Yang Mempunyai Anak Tunagrahita Di Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala

Authors

  • Muhammad Erwin Zulkifli
  • Yulia Hairina
  • Imadduddin Imaddudin

DOI:

https://doi.org/10.18592/jah.v3i2.6029

Keywords:

Gambaran Sabar, Ibu, Anak Tunagrahita

Abstract

Anak tunagrahita adalah salah satu anak yang memiliki sifat atau kualitas luar biasa yang tidak sama dengan anak-anak biasa pada umumnya, baik itu dalam kapasitas, minat, bakat maupun sistem pendidikannya. Respon kurang baik yang di alami oleh orang tua juga merupakan sesuatu yang khas untuk dirasakan terutama bagi seorang ibu, karena ibu adalah orang yang paling banyak memberikan pengajaran dan bimbingan kepada anak-anak dan seorang ibu harus menunjukkan sikap sabar ketika mengasuh serta menghadapi semua tingkah laku anak. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sabar pada ibu yang mempunyai anak tunagrahita dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jumlah subjek dalam penelitian sebanyak 3 orang ibu yang mempunyai anak tunagrahita. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode wawancara dan metode observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan beberapa subyek memiliki kesamaan maupun perbedaan di dalam aspek sabar yaitu pengendalian diri, ketabahan, kegigihan, menerima kenyataan dan sikap tenang. Sebagian besar menunjukan persamaan yang mengarah ke dalam hal yang lebih positif. Selanjutnya terkait tentang faktor yang mempengaruhi kesabaran subjek yaitu adanya faktor pengalaman  dan rasa keimanan.

References

Darmawan, Amita, dan Lukmawati Lukmawati. “Makna Sabar Bagi Terapis (Studi Fenomenologis di Yayasan Bina Autis Mandiri Palembang).” Psikis: Jurnal Psikologi Islami 1, no. 1 (2015): 47–58.

Desiningrum, Dinie Ratri. “Psikologi anak berkebutuhan khusus,” 2017.

Wahy, Hasbi. “Keluarga sebagai basis pendidikan pertama dan utama.” Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 12, no. 2 (2012).

Rohmah, Umi. “Resiliensi dan Sabar sebagai Respon Pertahanan Psikologis dalam Menghadapi Post-Traumatic.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 6, no. 2 (2012): 312–30.

Idris, Idris. “Anak Sebagai Amanah Dari Allah.” Musawa: Journal for Gender Studies 11, no. 2 (2019): 289–318.

Subandi, MA. “Sabar: Sebuah konsep psikologi.” Jurnal psikologi 38, no. 2 (2011): 215–27.

Kodang, Rosalia. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Tunagrahitadi Nanga Bulik kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah.” Jurnal Pendidikan Dasar 6, no. 1 (2015): 79–92.

Arifah, Ifa. “Pelaksanaan pembelajaran bagi siswa tunagrahita di kelas 5 SD GunungDani, Pengasih, Kulon Progo.” Skripsi UNY FIP, 2014.

Barmawanto, Budi. “Representasi sabar dan syukur seorang ayah dalam film Jokowi 2013: analisis semiotik terhadap tokoh Notomiharjo,” 2017.

Muzaro’ah, Chotimatul. “Konsep sabar dalam menangani anak tunagrahita: studi terhadap pemahaman guru di KB-TK Assakinah Inklusi Wirosari,” 2018.

Aryani, Mirna. “Gambaran Sabar Pada Guru Yang Mengajar Anak Retardasi Mental Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang” 2017.

Sukirno, Rita Setyani Hadi. “Kesabaran IbuMerawat Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR)” Journal of Psychological Perspective, Volume 1 Number 1, 2019: 1 - 13

Downloads

Published

2022-08-10

How to Cite

Zulkifli, M. E., Hairina, Y., & Imaddudin, I. (2022). Gambaran Sabar Pada Ibu Yang Mempunyai Anak Tunagrahita Di Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Al-Husna, 3(2), 111–123. https://doi.org/10.18592/jah.v3i2.6029

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>