PENERAPAN DISIPLIN SISWA MELAKSANAKAN SHALAT DHUHA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA BANJARMASIN

Surawardi Surawardi

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan dengan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik-teknik observasi, wawancara, doumentasi dan angket. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, tabulating, interpretasi data, dan klasifikasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Dewan Guru dan 100 orang siswa kelas VIII yang di jadikan sample penelitian. Objek dari penelitian ini adalah penerapan disiplin siswa melaksanakan shalat dhuha yang diterapkan oleh pihak sekolah dan langkah-langkah yang dilakukan sekolah dalam penerapan disiplin siswa melaksanakan shalat dhuha.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan disiplin siswa melaksanakan shalat dhuha secara berjamaah sangat efektif, terbukti dari antusias siswa dalam melaksanakan kegiatan shalat dhuha di sekolah. Melalui kegiatan shalat dhuha tersebut sebagian siswa sudah dapat berperilaku disiplin dan berperilaku baik. Jarang sekali ditemui siswa yang melanggar peraturan tata tertib di sekolah.

Aspek-aspek kedisiplinan yang perlu ditanamkan pada siswa antara lain ketepatan waktu hadirnya ke sekolah, keaktifan hadir dalam pelajaran, kesiapan mengikuti pelajaran, sikap dan perhatian siswa dalam belajar, kepatuhan siswa mengerjakan tugas dan kebiasaan belajar dirumah. Dan penerapan disiplin siswa melaksanakan shalat dhuha yang sangat efektif itu tidak luput dari langkah-langkah yang dilakukan sekolah, yaitu motivasi, nasehat, keteladanan, pembiasaan, pengawasan, hukuman dan pemberian hadiah.

 

Kata Kunci: Penerapan, Disiplin, Shalat Dhuha dan Madrasah Tsanawiyah

Full Text:

20-30


DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jt%20ipai.v9i1.3096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


========================================

Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam are indexed by:

    
      

    


========================================


Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam by http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.