MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN PECAHAN DI KELAS V TUNARUNGU SDLB NEGERI SUNGAI PARING MARTAPURA

Authors

  • Pur Wanti

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v3i1.1181

Keywords:

pecahan, quantum teaching, pendekatan kontekstual, hasil belajar

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan dan mempunyai peranan sangat penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun sering dianggap oleh siswa sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dipahami penerapannya, baik teori maupun konsep-konsepnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SDLBN Sungai Paring Martapura dalam pembelajaran pecahan menggunakan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual, (2) hasil belajar siswa kelas V SDLBN Sungai Paring dalam pembelajaran pecahan menggunakan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual, dan (3) partisipasi siswa kelas V SDLBN Sungai Paring terhadap penggunaan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual pada pembelajaran pecahan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian dilaksanakan di SDLBN Sungai Paring Martapura tahun pelajaran 2015-2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDLBN Sungai Paring dengan jumlah 5 siswa dengan objek penelitian adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual pada pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan kategori baik sekali, (2) penggunaan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori baik sekali, dan (3) partisisipasi siswa baik terhadap penggunaan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual.

References

Arikunto, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Bobbi Depotter, Mark Reardon, dan Sarah Singer Nourie. 2002. Quantum Teaching. Bandung : Kaifa.

Depdiknas, 2006. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Sekjen Depdinas.

Evi, dkk. 2010. Buku panduan Pendidikan Matematika untuk SD dan MI Intan Pariwara. KALTENG : PT Manacana Jaya Cemerlang.

Ekodjatmiko, 2006. Pedoman Administrasi Sekolah Dasar Luar Biasa, Direktorat Peminaan Sekolah Luar Biasa.

Gatot Muhsetyo, 2007. Materi Pokok Pembelajaran Matetaika SD ; Modul 1-9/PDGK4406. Edisi I, Jakarta: Universitas Terbuka.

Hasan Fauzi Maufur, 2009 . Sejuta Jurus mengasikan. Semarang : PT Sindur Press.

Kunandar, 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembanagan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ridwan, 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Sinar Baru Algensindo.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Susilo. 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D . Bandung : Alfabeta.

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta : Kencana.

Downloads

Published

2017-04-19

Issue

Section

Articles