EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH (PROBLEM SOLVING) DAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SMPN 1 MARTAPURA

Authors

  • Arif Ganda Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v2i2.1175

Keywords:

strategi pembelajaran, problem solving, CTL, Prestasi belajar dan gaya belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran Problem Solving dan strategi pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika mana yang lebih baik siswa dengan gaya belajar siswa auditorial, kinestetik, atau visual, (3) Untuk mengetahui pada strategi pembelajaran Problem Solving, mana yang lebih baik prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar auditorial, kinestetik, atau visual, (4) Untuk mengetahui pada strategi pembelajaran CTL, mana yang lebih baik prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar auditorial, kinestetik, atau visual.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Martapura Tahun Pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan Stratified Cluster Random Sampling. Ukuran sampel pada penelitian ini adalah 191 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode angket, dan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar matematika adalah tes pilihan ganda. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengetahui gaya belajar siswa adalah berupa angket.Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran problem solving lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran CTL, (2) Prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar auditorial sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar auditorial sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual, (3) Pada kelompok siswa dengan strategi pembelajaran problem solving, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar auditorial sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar auditorial sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual, (4) Pada kelompok siswa dengan strategi pembelajaran CTL, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar auditorial sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual, siswa dengan gaya belajar auditorial sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual.

References

Aning Wulandari. 2010. Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Pada Kemampuan Menyelesaikan Masalah Soal Aljabar Dan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas X (Sepuluh) Madrasah Aliyah Di Kabupaten Bojonegoro. Laporan Penelitian Thesis UNS. Program Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

_________. 2009. Statistika untuk Penelitian, Ed. ke-2. Surakarta: UNS Press.

Chapman, O. 1999. Inservice Teacher Development In Mathematical Problem Solving. Journal of Mathematics Theacher Education, Vol 2, pp 121-142.

Departemen pendidikan nasional. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Kurikulum 2006. Jakarta: BSNP.

___________________________. 2009. Laporan Hasil dan Statistika Nilai Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2008/2009. Jakarta: BSNP.

Deporter, B., dan Hernacki, M. 2000. Quantum Learnig: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

Dian Indriastuti Kusuma Wijaya. 2009. Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Kontekstual Ditinjau Dari Lingkungan Belajar Pokok Bahasan Aritmetika Social Siswa Kelas Vii Smp Kota Surakarta. Laporan Penelitian Thesis UNS. Program Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Kelly, C. A. 2006. Using Manipulatives in Mathematical Problem Solving: A Performance Based Analysis. The Montana Mathematics Enthusiast, Vol 3, No 2, pp 184-193.

Kolb, A.Y and Kolb, D. A. 2005 Learning Styles and Learning Spaces: Enhancing Experiential Learning in Higher Education. Academy of Management Learning & Education, Vol. 4, No. 2, 193–212.

Maasz, J. 2005. A New View Of Mathematics Will Help Mathematics Teachers. Adults Learning Mathematics, Vol 6, No 1, pp 6-18

Mar’atus Sholihah. 2009. Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Materi Aljabar Dan Aritmetika Social Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Siswa Terhadap Matematika. Laporan Penelitian Thesis UNS. Program Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Nana Sudjana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nelli Ma’rifat Sanusi. 2009. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas V SD di Kecamatan Leuswisari Tasikmalaya. Laporan Penelitian Thesis UNS. Program Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Pallapu, P. 2007. Effects of Visual and Verbal Learning Style on Learning. Institute for Learning Styles Journal, Vol 1, page 34-39.

Slamet. 2005. Keefektifan Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Penyelesaian Soal Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Laporan Penelitian Thesis UNS. Program Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyadi. 2009. Eksperimentasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah (PROBLEM SOLVING) Pada Materi Pokok Lingkaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas 8 SMP Di Kabupaten Sragen. Laporan Penelitian Thesis UNS. Program Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Wina Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Beroerientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

WWW.Zainurie.wordpress.com. 2009. “Pakar Matematika” Bicara Tentang, Prestasi Pendidikan Matematika Indonesia. Diakses pada tanggal 5-11-2014.

Downloads

Published

2017-04-19

Issue

Section

Articles