Systematic Literature Review Implementasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap Hasil Belajar Siswa

Dea Ananda, Muhyani Muhyani, Tjetjep Suhandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan tentang penerapan HOTS dalam proses pembelajaran ditingkat SD/MI terhadap hasil belajar siswa; dan 2) menjabarkan faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam menerapkan HOTS. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review atau kajian literatur yang menitikberatkan pada proses mengkaji dan menganalisis secara luas dan menyeluruh terhadap beberapa literatur yang relevan dengan topik penelitian. Data literatur yang digunakan sebagai sumber utama dalam penelitian ini sebanyak 10 literatur yang diperoleh dari beberapa data based seperti Portal Garuda, Google Scholar, dan DOAJ yang dipublikasikan dengan kisaran waktu 5 tahun terakhir (2016-2020). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) penerapan HOTS dalam proses pembelajaran yang berlangsung ditingkat SD/MI efektif terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran komvensional; dan 2) keberhasilan dan ketidaktercapaian tujuan atau kriteria yang ditentukan tidak terlepas dari faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam menerapkan HOTS. Faktor pendukung diartikan sebagai komponen penting yang dinilai mampu menunjang keberhasilan penerapan HOTS yang meliputi kompetensi guru, sarana prasarana, manajemen kelas, dan perencanaan pembelajaran. Sementara faktor penghambat adalah kendala maupun kesulitan yang dihadapi dalam memaksimalkan penerapan HOTS yang meliputi kualifikasi pendidikan guru yang kurang memadai dan tingkat pemahaman guru yang relatif rendah terhadap penerapan HOTS.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1, (2), 95.

Budiarta. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan. 6, (2), 110.

Fathurrohman, P. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Fatmawati, L. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Konvensional Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kompetensi Dasar Fungsi Manajemen Siswa Kelas X di SMAN 4 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 11, (2), 135.

Fatmawati, N. (2018). Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. 3, (2), 116.

Firmansyah, T. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Layanan. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2 (3), 180.

Karsono. (2017). Pengaruh Penggunaan LKM Berbasis HOTS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1, 51.

Muhyani. (2019) Metodologi Penelitian. Bogor: UIKA Press.

Novauli, F. (2015). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3 (1), 46.

Pamela, I. (2019). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (2), 24.

Putri. (2013). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Terhadap Siswa SMPN 12 Padang). Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling, 2 (1), 225.

Rapih, S. (2018). Perspektif Guru Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS): Pemahaman, Penerapan, dan Hambatan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8 (1), 77.

Suraji, Imam. (2012). Urgensi Kompetensi Guru. Jurnal Forum Tarbiyah, 10. (2), 240.

Susanti, Endang. (2020). Strategi Guru dalam Pembelajaran Berhitung Pembagian di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Adzka, 1, (1), 53.

Triandini, E. (2019). Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesia Journal of Information Systems (JIS), 1 (2), 64.

Uno, Hamzah. (2016). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyudin, D. (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yani, A. (2016). Efektivitas Pendekatan Saintifik dengan Media Booklet HOTS Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di Kabupaten Wajo. Jurnal Biology Science and Education, 7 (1), 2.

Zulyadaini. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah, 16 (1), 154.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i2.4005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dea Ananda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah published by Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Department

On 2nd floor, Tarbiyah and Teaching Faculty's Office, UIN Antasari                      

Handphone : 085755525624                                                                       

e-mail : [email protected] 

 



Al Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah indexed by:

                 


Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah by http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/adzka/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. 

 

View My Stats