Modifikasi Perilaku Anak: Implementasi Teknik Pengelolaan Diri dan Keterampilan Sosial di Ngawi Jawa Timur

Authors

  • Aziz Nuri Satriyawan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi
  • Ahmad Shofiyuddin Ichsan Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i1.3645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana teknik  modifikasi perilaku anak dapat diubah, yakni mengubah perilaku maladaptif menuju perilaku adaptif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan pada anak di Kenteng Sumberejo Sine Ngawi Jawa Timur dengan fokus kepada anak-anak yang memiliki perilaku maladaptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa teknik modifikasi perilaku melalui pengelolaan diri dan pelatihan keterampilan sosial mampu mengubah perilaku anak, baik untuk mengantisipasi supaya tidak berperilaku negatif dengan menghilangkannya, maupun dapat menumbuh kembangkan perilaku yang positif bagi mereka. Maka dari itu, diperlukan komunikasi dan kerja sama antar masing-masing anggota keluarga melalui motivasi, pengertian, dan pengawasan yang dilakukan secara kontinyu. Hal ini demi terwujudnya modifikasi perilaku yang baik terhadap anak.

References

Aisyah, Siti. (2019). Pendidikan Fithrah dalam Perspektif Hadist (Studi tentang Fithrah Anak Usia 7 – 12 Tahun). Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 9. No. 1.

Faz, Gerry, Olvina. (2015). Penerapan Metode Modifikasi Perilaku Pembentukan (Shaping) untuk Membentuk Perilaku Sosial Anak dengan Ketidakmampuan Intelektual Ringan. Tabularasa. Vol. 10. No. 2.

Gichara, Jenny. (2006). Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta : Kawan Pustaka.

Gie, The Liang. (2000). Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa edisi kedua. Yogyakarta: Gajdah Mada University Press.

Huriyah. (2019). Menumbuhkan Sikap Sosial melalui Pembelajaran IPS Siswa SD Home Schooling Primagama Banjarmasin. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 9. No. 2.

Jamal Abdurrahman, Syaikh. (2010). Islamic Parenting Pendidikan Anak Metode Nabi. Solo : PT. Aqwam Meia Profetika.

Jembarwati, Otih. (2015). Modifikasi Perilaku untuk Mengenal Diri dalam Membentuk Sikap Positif Peserta Didik. Psympathic. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol. 2. No. 1.

Lickona, Thomas. (2013). Education for Character, terj. Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Makhfud. (2011). Hubungan antara Manajemen Diri dengan Prokratisasi Akademik pada Siswa Aktivis BEM IAIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Moelong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanta, Edi. (2012). Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Retnowulan, Dyah, Ayu. (2013). Penerapan Strategi Pengelolaan Diri untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Korban Broken Home. Jurnal BK Unesa. Vol. 3. No. 1.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinas (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sulistyoko, Arie. (2018). Tanggungjawab Keluarga dalam Pendidikan Anak di Era Kosmopolitan (Telaah Tafsir Kontemporer Atas Surat At-Tahrim Ayat 6). Iqro: Journal of Islamic Education, Vol. 1 No. 2.

Downloads

Published

2020-06-04

How to Cite

Satriyawan, A. N., & Ichsan, A. S. (2020). Modifikasi Perilaku Anak: Implementasi Teknik Pengelolaan Diri dan Keterampilan Sosial di Ngawi Jawa Timur. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 21–32. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i1.3645