Peningkatan Hasil Belajar Tema Kegemaran Menggunakan Model Pembelajaran Integrated pada Siswa Kelas III SDN Manarap Tengah 1

Rohana Rohana

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Integrated yang dicapai setelah pembelajaran tersebut. Pembelajaran Integrated sebagai strategi yang memfasilitasi siswa untuk mencari, menemukan konsep-konsep pengetahuan dalam konteks yang nyata atau faktual namun tetap dibawah bimbingan guru. Langkah-langkah utama dalam kegiatan pembelajaran Integrated adalah penyajian masalah oleh guru, siswa menetapkan hipotesis, siswa mengumpulkan data melalui analisis data temuan serta menyimpulkan hasil temuan. Metode penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Manarap Tengah 1. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data lembar observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif berdasarkan rumus dan kriteria yang ditentukan. Aktivitas siswa pada pembelajaran didominasi keaktifan ‘baik’ dan ‘baik sekali”. Ketuntasan hasil belajar klasikal 53,57% dicapai pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 67,86%; ketiga sebesar 78.57%; dan keempat sebesar 96.43%. Dengan demikian, model pembelajaran Integrated dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik Tema Kegemaranku.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

BNSP. 2007. Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007 Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Hariadi. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Diri Sendiri di Kelas III SDN Banjarbaru Kota 4. Skripsi: Universitas Lambung Mangkurat (tidak dipublikasikan). http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/30/pembelajaran-tematik/ diakses 10 Juli 2017.

Husna. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Budi Pekerti di Kelas III SDN Banjarbaru Utara 1. Skripsi: Universitas Lambung Mangkurat (tidak dipublikasikan).

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Pemerintah RI. 2006. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Citra Umbara.

Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning Theory Research and Practice Second Edition. Massachhusetts: Allyn dan Bacon.

Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI. Jakarta: Pelatihan Peningkatan Mutu Guru Makasar.

Suriansyah, Ahmad, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rohana Rohana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah   

published by Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Department                   

2nd floor, Tarbiyah and Teaching Faculty                                     

Handphone : 085755525624                                                                       

e-mail : [email protected] 

Al Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Indexed by:

                


Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah by http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/adzka/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. 

 

View My Stats View My Stats