Penerapan Media Boneka Tangan dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IIIB MI At-Thayyibah

Authors

  • Khairunnisa Khairunnisa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin
  • Dina Aryanti Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v8i2.2366

Abstract

Pembahasan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media boneka tangan dan pengaruhnya terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III B di MI At-Thayyibah Kecamatan Gambut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pra-experimen. Subjeknya adalah semua siswa kelas IIIB berjumlah 22 orang. Peneliti menemukan bahwa: 1) Penerapan media boneka tangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terlaksana dengan baik, terlihat dari perencanaan, aktiviatas siswa dan guru, serta respon siswa terhadap media yang ditunjukkan oleh perhatian, antusias, semangat, keaktifan, memahami materi, kerjasama kelompok. Siswa memperoleh pengalaman baru dalam meningkatkan keterampilan berbicara melalui kegiatan bercerita. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan media boneka tangan terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI At-Thayyibah Kecamatan Gambut.

References

Aqib, Zainal. (2013). Model-Model dan Strategi pembelajaran kontekstual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya.

Chalimah, (2008). Peningkatan Keterampilan Bercerita dengan Pendekatan Kontekstual Teknik Pemodelan Melalui Media vcd, Pdf. Http://lib.unnr.ac.id/2187.

Darmadi, Kaswan dan Rita Nirbaya. (2008). Bahasa indonesia Untuk SD dan MI Kelas III. Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Ibrahim. (2012). “Teori-Teori Pembelajaran Bahasa Indonesia”, www.teori-teori-pembelajaran-bahasa.html.

Istiqomah, Titik Nur. (2015). Pengaruh penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Siswa Kelas II SD Negeri Kotagede 3 Yogyakarta, Yogyakarta, 2015. Http://eprints.uny.ac.id/25521/.

Kasiram, Moh. (2010). Metodologi Penelitian (Refleksi Pengembangan Pemahaman dan Penguasaan Metodologi Penelitian). Yogyakarta: UIN-MALIKI PRESS, Cet ke-II.

Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulianto, Joko, Mei Fita Asri Utari, Fitri Yulianti, Media Boneka Tangan Dalam Metode Bercerita untuk Menanamkan Karakter Positif Kepada Siswa Sekolah Dasar, dalam Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang, Vol. 15 No. 2, 2014, h. 95. Http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/222.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Cet.1 Edisi Revisi.

W., Gunarti. (2010). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2018-12-29

How to Cite

Khairunnisa, K., & Aryanti, D. (2018). Penerapan Media Boneka Tangan dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IIIB MI At-Thayyibah. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 107–116. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v8i2.2366