Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Motivasi BerprestasiIntensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Motivasi Berprestasi

Riski Rahmawati, Musfichin Musfichin, Mubarak Mubarak

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan media sosial instagram dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan sample 373 Mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasi. Hasil dari analisis data  intensitas penggunaan media sosial instagram frekuensi subjek terbanyak berada pada kategori sedang yaitu 283 subjek dengan presentase 75,9%, kemudian pada kategori tinggi yaitu 47 subjek dengan presentase 12,6%, dan kategori rendah sebanyak 43  subjek dengan presentase 11,5%. Sedangkan hasil analisis dari motivasi berprestasi frekuensi subjek terbanyak berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 228 subjek dengan presentase 61,1%, kemudian kategori tinggi sebanyak 78 subjek dengan presentase 20,9%, kategori rendah sebanyak 67 subjek dengan persentase 18%. Nilai r adalah 0,292 (positif) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y, dengan tingkat hubungan antar variabel tergolong rendah. Uji korelasi ini menggunkan teknik Pearson Product Moment diketahui bahwa nilai r hitung sebesar 0,292 dan  p value 0,000 sementara nilai r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N 373 ialah 0,101. Karena nilai r hitung yang didapat (0,292) > r tabel (sig % = 0,101) (p value < 0,05), maka hipotesis alternatif yang menyatakan ada hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan motivasi berprestasi dapat diterima.

 


Keywords


Intensity; social media Instagram; the achievement motivation; Intensitas; media sosial Instagram; motivasi berprestasi

Full Text:

PDF

References


Ekasari, D. (2012). Dampak Sosial Ekonomi Masuknya Pengaruh Internet Dalam Kehidupan Remaja di Pedesaan. Jurnal Sosiologi Pedesaan Departemen Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, (1), 57–71.

Haryani, R. (2014). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Berprestasi Dari Keluarga Tidak Mampu Secara Ekonomi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3(1).

Kosmas S dan Jelvi M. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Mapanget, Kota Manado. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, (3).

M Irfan dan Siti N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, (9).

Nayantaka, J. (2017). Motivasi Berprestasi Mahasiswa Yang Berasal Dari Pulau Mandangin. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4(3).

Pahlawan, P. (2018). Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2015. Skripsi, Universitas Lampung, Lampung.

Sarwono, S. (2008). Psikologi Remaja. Rajagrafindo Persada.

Yulianto, M. (2017). Penggunaan Media sosial Instagram Dalam Pembentukan Indentitas Diri Remaja. Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jah.v1i3.4219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.