PENGARUH MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SD NEGERI 094132 DOLOK ULU TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Romaida Karo Karo Universitas Efarina

DOI:

https://doi.org/10.18592/moe.v8i2.8948

Keywords:

Media Visual Tiga Dimensi, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar keterampilan yang harus dikuasai siswa masih sebatas pada keterampilan berpikir tingkat rendah. Hal tersebut disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan tidak mengembangkan dan meningkatkan pada keterampilan penyelesaian masalah. Oleh karena itu, peneliti ingin memperbaiki kualitas belajar dengan cara menerapkan model pembelajaran inkuiri sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan penyelesaian masalah sosial siswa, dan untuk meningkatkan respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan media visual tiga dimensi dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan media dua dimensi. penelitian dengan metode eksperimen semu (guasi experimental) Hasil yang diperoleh terdapat perbedaan peningkatan hasil yang signifikan antara kelas yang menggunakan media visual tiga dimensi dengan kelas yang menggunakan media visual dua dimensi dengan taraf signifikan 0.05. Hal ini dibuktikan dengan terdapatnya peningkatan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen dari rata-rata tes awal (pretest) 54,96 menjadi 79,13 pada tes akhir(postest) dengn rata-rata peningkatan (Gain) 0,54 (termasuk kategori sedang). Sedangkan kelas kontrol memiliki peningkatan rata-rata tes awal (pretest) dari 55,67 menjadi 64,33 pada tes akhir (postest) dengan rata-rata peningkatan (gain) 0,05 (termasuk kategori rendah). Hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media visual tiga dimensi (eksperimen) dengan kelas vang menggunakan media visual dua dimensi (kontrol) dengan pengaruh 52%.

References

Arief Sadiman, S., (dkk). 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Asrotun. 2014. Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi dipublikasikan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri. Jakarta.

Azhar Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Budi Susetyo. 2012. Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Ega Rima Wati. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Giatri Ramadhani. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas V SD Negeri 2 Rajabasa Kota Bandar Lampung. Skripsi dipublikasikan. FKIP Universitas Lampung. Bandarlampung. |

Lamra Hairani. 2016. Penerapan Metode Latihan Siap Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas I SD Negeri 006 Terpadu Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(1): 22-28. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Muhammad Fendrik. 2015. Analisis Kemampuan Habits of Mind Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Pengembangan Pendidikan 2(2): 80-91. PGSD FKIP Universitas Sriwijaya. Palembang.

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nurotun Mumtahanah. 2014. Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran PAI. Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 4(1): 91-104.

Rostina Sundayana. 2014. Sratistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rudi Susilana, Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitarif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Umi Cahyaningrum, Iin Purnamasari. 2010. Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Ngronggah Blora. Universitas PGRI Semarang

Wina Sanjaya. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Zainal Arifin. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zetra Hainul Putra. 2015. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi SD. Pekanbaru: Zesya Publisher.

Downloads

Published

2022-08-31