MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYYAH TERPADU AL-AMIN BABULU

Authors

  • Dea Haliza Putri UIN Atasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/moe.v5i2.5330

Keywords:

Manajemen Strategik, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini membahas mutu pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyyah Terpadu Al-Amin Babulu. Kajiannya dilatar belakangi oleh mutu pelaksanaan pembe lajaran yang seringkali belum efektif, sehingga kualitas pembelajaran perlu dilaksanakan untuk membantu guru dalam rangka meningkatkan kinerjanya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan; (1) Bagaimana mutu perencanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyyah Terpadu Al-Amin Babulu? (2) Bagaimana mutu pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan pembelajaran di Madrasah MIT Al-Amin Babulu? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua datanya dianalisis dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Mutu Perencanaan pembelajaran PAI di MIT Al-Amin Babulu di mulai dengan penyusunan program kerja. Penyusunan program kerja dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran yang didalamnya berisi tentang perencanaan pembelajaran tiap proses pembelajaran. (2) Mutu Pelaksanaan pembelajaran PAI MIT Al-Amin Babulu yang dilaksanakan oleh guru Madrasah. Pelaksanaannya dilakukan setiap hari pada saat kegiatan proses pembelajaran. (3) Dalam melaksanakan Mutu evaluasi pembelajaran PAI di MIT Al-Amin Babulu guru melakukan tes untuk peserta didik, baik tes tertulis, lisan, maupun perbuatan yang dilakukan oleh peserta didik pada saat pembelajaran. (4) Untuk Mutu Pengawasan Pembelajaran PAI, kepala madrasah melakukan pembinaan dengan melaksanakan diskusi kepada staf guru yang ada di madrasah, pembinaan yang diberikan guru untuk mengajar dan memantapkan rencana pembelajaran sebelum kegiatan belajar mengajar. Dalam mengawasi evaluasi pelaksanaan pembelajaran PAI, kepala madrasah melaksanakan beberapa pembinaan diantaranya; a) mengadakan pelatihan-pelatihan, b) mengembangkan strategi dan media, d) menilai, dan revisi. Dan terakhir yang dilakukan kepala madrasah sebagai supervisor adalah membuat laporan setiap semester dan setiap tahun terkait dengan pelaksanaan yang sudah dilakukan guru.

References

Arifin Muzayyin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.

Arikuntoro Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratek, Jakarta: Rineka Cipta,2002,Cet.5.

Asmarani Sulma Khatmi , Pendayagunaan Sarana Prasarana Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran PAI di MTs N 1Kota Semarang, Semarang : IAIN Walisongo, 2006.

B. Uno Hamzah, Model Pembelajaran menciptakan proses belajar yang kreatif dan efektif, Jakarta : Bumi Aksara, 2008,Ed.1, Cet,3.

Bungin M. Burhan, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana, 2010.

Charles J. Farrugia and Godfrey Baldacchino, Educational Planning and Management in Small States Concepts and Experiences, London: Commonwealth Secretariat Publicatins, 2002.

Cucu Suhana & Nanang Hanafiah, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung : Refika Aditama,2009, Cet.3.

Daryanto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2001.

Departemen RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta: Syamil Qur’an,2009.

Emzir, Metode Penelitian Kualitatif: Analisis Data, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Fattah Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Gunawan Imam, Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.

Himpunan perundang-undangan RI tentang (SISDIKNAS) UU RI No. 20 tahun 2003 beserta penjelasannya. Bandung : Nuansa Aulia,2008, Cet.1.

http://checep05.wordpress.com/2011/12/16/materi-sesi-1-diklat-calonkepala-sekolah-supervisi-pembelajaran/diakses pada 04-02- 2014, jam 10:57

Ibrahim dan Nana Sudjana, Penelitian dan Penelitian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru, 1998.

Imam Machali dan Ara Hidayat, Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, Bandung: Pustaka Educa, 2010.

Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem, pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, Semarang : RaSAIL Media Group,2011.

Laelatun Nikmah, Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pembelajaran PAI di SMPN 01 Lasem, Semarang : IAIN Walisongo, 2010.

Lia Yuliana & Suharsimi Arikunto, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta : Aditya Media,2008

Maisah dan Martinis Yamin, Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada,2009.

Miftakhul Jannah, Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana di SMP Nasima Semarang, Semarang : IAIN Walisongo, 2010.

Minarti Sri, Manajemen Sekolah : Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media,2012.

Moleong Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.

Muchith Saekhan , Pembelajaran Kontekstual, Semarang : RaSAIL Media Group,2007, Cet. 1.

Muhammad Arifin & Barnawi, Branded School membangun Sekolah Unggul Berbasis Peningkatan Mutu, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Muhammad Arifin & Barnawi, Etika dan Profesi Kependidikan, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2012.

Downloads

Published

2019-08-27

Issue

Section

Articles