Pengaruh Permainan Tradisional Batatampurungan Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Harapan Masa Banjarmasin

Authors

  • Siti Nur Amalina UIN Antasari
  • Rizki Noor Haida UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/jea.v4i2.2559

Abstract

Motorik kasar anak kelompok B di TK Harapan Masa Banjarmasin belum terstimullus secara optimal, untuk mengoptimalkan motorik kasar anak bisa di stimulasi dengan menggunakan permainan tradisionalbatatampurungan. Permainan ini dapat membantu proses stimulasi motorik kasar anak khususnya pada aspek keseimbangan dan kelincahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah permainan tradisional batatampurungan berpengaruh terhadap perkembangan motorik kasar anak dan bagaimana pengaruh permainan tradisional batatampurungan terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK Harapan Masa Banjarmasin. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen (quasi experimental design)dengan menggunakan desain nonequivalent control group design.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi,wawancara dan teknik dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar anak. Pada tes akhir hasil belajar anak di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 80,53 dan rata-rata nilai di kelas kontrol adalah 73,93. Berdasarkan nilai rata-rata terdapat selisih nilai yaitu 6,6. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji t diketahui nilai sig pada penelitian ini adalah 0,171. Maka 0,171 > 0,05 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan perhitungan data tes akhir maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan tradisional batatampurungan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK Harapan Masa Banjarmasin. Kata Kunci: Permainan Tradisional Batatampurungan, Motorik Kasar, Anak TK

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Aristokrat Agung Dwipa, “Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Motorik Kasar Pada Siswa Putra Sekolah Dasar”, Skripsi; Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang, 2015.

Askalin, 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat, Yogyakarta: Nyo-nyo,2013.

Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Provimsi Kalimantan Selatan, Urang Banjar Dan Kebudayaannya, Banjarmasin, 2005.

Bambang, Sujiono, dkk., Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka, 2012.

Cici Fitria, “Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Sunda Manda Pada Siswa Kelompok B RA Sudirman Giriwondo Jumapolo Tahun Pelajaran 2016/2017,” Skripsi;Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (Iain) Salatiga, 2017.

Dariyo, Agoes, Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama, Bandung: PT. Refika Aditama,2007.

Fadillah, Muhammad, Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoretik & Praktik, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Fadlillah, Muhammad, Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana, 2017

Fakhruddin, Asef Umar, Agar Anak Anda Juara, Yogyakarta: Gava Media, 2015.

Ferdinand Zaviera, Mengenali& Memahami Tumbuh Kembang Anak, Jogjakarta: Katahati, 2015.

Hasanah, Nor Izatil & Pratiwi, Hardiyanti, A Sampai Z Permainan Tradisional Banjar Untuk Perkembangan Anak, Banjarmasin, 2015.

Kertamuda, Miftahul Achyar,Golden Age Strategi Sukses Membentuk Karakter Emas Pada Anak Sejak Usia Dini, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2015.

Laely, Khusnul &Yudi,Dede. 2015. Pengaruh Permainan Egrang Tempurung Kelapa Terhadap Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak (Penelitian Pada Siswa Ba ‘Aisyiyah Kalinegoro Kec. Mertoyudan Kabupaten Magelang), Jurnal Empowerment Universitas Muhammadiyah Magelang. 3 (1) : 37.

Mohandas & Hendrawan, Materi Muatan Lokal Kebudayaan Banjar, (Banjarmasin, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata, 2011

Mulyasa , H. E,Manajemen PAUD, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Pratisti, Wiwien Dinar,Psikologi Anak Usia Dini, Bogor: PT. Indeks, 2008.

Purwadi, Vicky Agus Saputri, “Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Pada Kelompok B Di RA Taqwal Ilah Semarang ”, Penelitian, 2015. Tidak dipublikasikan.

Puspitowati, Sri Prihatini, “Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Sribit Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013”, Skripsi; Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadyah Surakarta, 2012.

Riduan & Sunarto, Pengantar Statistika, Bandung: Alfabeta, 2013.

Rinasari, Evita, “Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Egrang Bathok Kelapa Pada Anak Kelompok B Di TK Aba Banjarharjo Iikalibawang Kulon Progo”, Skripsi; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Rolina, Nelva, Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini, Yogya : Ombak, 2012.

Seman, Muhammad Syamsiar, Permainan Tradisional Orang Banjar 35 Permainan Rakyat Yang Sudah Langka, Banjarmasin : Lembaga Pengkajian Dan Pelestarian Budaya Banjar Kalimantan Selatan, 2014.

Subagyo, P. Joko,Metode Penelitian Dalam Teori Dan Prakek,Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Sukardi,Metodologi Penelitian Pendekatan Kompetensi dan Praktiknya,Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005

Sugiyono,Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sugiyono,Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.

Sujiono,Yuliani Nurani,Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,Jakarta Barat: PT.Indeks,2013.

Soekresno,Emmy, Panduan Memilih 20 Mainan Terbaik Sepanjang Masa, Depok : PT. Luxima Metro Media, 2009.

Soenarwo, Brilliantono Muhammad, 360 Pekan Masa Keemasan Anak; Sekali Seumur Hidup, Jakarta Selatan : Al-Mawardi Prima, 2012.

Seri Bahan Ajar Diklat Berjenjang Tingkat Dasar, Perkembangan Anak, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Sitti Asma “Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Bakiak Di Kelompok B Tknegeri Melatikecamatan Kolonokabupaten Konawe Selatan”, Skripsi; Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kendari, 2016.

Syah, Muhibbin, Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik, Depok: PT. Raja Grafindo, 2014.

Widiyanto, Mikha Agus, Statistika Terapan, Jakarta: PT Gramedia, 2013

Downloads

Published

2018-12-02

How to Cite

Amalina, S. N., & Haida, R. N. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Batatampurungan Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Harapan Masa Banjarmasin. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 4(2), 54–62. https://doi.org/10.18592/jea.v4i2.2559

Issue

Section

Articles