Interferensi Sintaksis Bahasa Katingan Terhadap Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Katingan Tengah Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah

Authors

  • Irni Cahyani STKIP PGRI Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v6i2.1894

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah transfer negatif lebih dikenal dengan istilah interferensi dalam pemerolehan bahasa kedua. Istilah interferensi mengacu pada dua fenomena linguistik yang berbeda, yaitu interferensi psikologis dan interferensi sosiolinguistik. Interferensi psikologis mengacu kepada pengaruh kebiasaan lama sebagai hasil mempelajari sesuatu terhadap sesuatu yang sedang dipelajari. Sedangkan interferensi sosiolinguistik mengacu pada interaksi bahasa, misalnya pinjaman atau alih sandi.  Faktor yang menyebabkan terjadinya interferensi adalah faktor kontak bahasa dan faktor kemampuan berbahasa. Hasil penelitian aspek interferensi sintaksis bahasa Katingan terhadap bahasa Indonesia yaitu ditemukan dua jenis interferensi sintaksis yang terdapat dalam bahasa lisan dan tulisan siswa SMPN 1 Katingan Tengah antara lain: (1) Interferensi frasa terhadap bahasa Indonesia dan (2) Interferensi kalimat terhadap bahasa Indonesia.

References

Kridalaksana. 2001. Kamus Linguistik. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rafiek, Muhammad. 2007. Sosiologi Bahasa: Pengantar Dasar Sosiolinguistik. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Wahyu. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Yanti, Prima Gusti. 2011. Interferensi Bahasa Betawi dalam Pemakaian Bahasa Indonesia di dalam Surat Kabar Pos Kota Jurnal Bahasa Alinea FBS-UNJ Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Cahyani, I. (2017). Interferensi Sintaksis Bahasa Katingan Terhadap Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Katingan Tengah Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v6i2.1894

Issue

Section

Articles