Intervensi Perkembangan Motorik pada Anak Down Syndrome Studi Kasus di Special Olympics Indonesia (SOIna) DKI Jakarta Tahun 2015

Authors

  • Dyah Ageng Pramesty Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v6i2.1572

Abstract

Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa: (1) SOIna adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tunagrahita, (2) Subjek penelitian ini adalah seorang anak Down Syndrome dari Young Athletes yang berusia 4 tahun 8 bulan dan kecerdasan umum Ai berfungsi pada taraf hambatan intelektual ringan (IQ=62, skala Stanford Binet), (3) Kegiatan yang dilakukan terdiri dari: berjalan, berlari, melompat, meloncat, melempar, dan menangkap. Alat yang digunakan yaitu: simpai, papan titian, cones, half cones, balok plastik, tongkat plastik, penanda lantai berbentuk bintang dan angka, lompat gawang, bola, raket plastik, bilah dan matras, (4) Dukungan orang tua berupa sikap kooperatif dengan mengantar dan ikut andil ketika proses latihan, (5) Faktor pendukung dalam pelaksanaan intervensi yaitu dari masyarakat, atlet (anak), orang tua, relawan, pelatih, sarana prasarana dan pemerintah sebagai pemegang kebijakan. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya motivasi masyarakat, meningkatkan anggaran, sulitnya mencari pelatih, kehadiran relawan, orang tua, dan kurangnya sarana prasarana untuk pemberian intervensi.

References

Essa, Eva L. (2008). Introduction to Early Childhood Education, Annotated Student’s Edition, Sixth Edition. Canada: Cengage Learning.

Gallahue, David L. (2012). Understanding Motor Development Infants, Children, Adolescents, Adults, Seventh Edition, New York: McGraw-Hill Education.

Haryanti dan Nugrohadi. (2011). Pengantar Sosiologi Dasar, Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher.

Hildayani, Rini, dkk. (2009). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

_______. (2013). Penanganan Anak Berkelainan (Anak dengan Kebutuhan Khusus). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Hurlock, Elizabeth B. (1997). Perkembangan Anak Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Jamaris, Martini. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kirk, Samuel, dkk. (2009). Educating Exceptional Children, Twelfth Edition. New York: Houghton Mifflin Harcourt Publishing Company.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyanti, Sri. (2013). Cara Cerdas Mendidik dan Mengoptimalkan Kecerdasan Anak, Yogyakarta: Buana Pustaka.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 1. Jakarta; Erlangga.

Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Edisi Kesembilan, Jilid 1, Jakarta: Indeks.

Somantri, T. Sutjihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sumantri, MS. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta:Depdiknas.

Sumiati, Teti. “Faktor-faktor yang Memengaruhi Kecepatan Perkembangan Motorik Anak,” Ibu dan Balita Online; https://www.ibudanbalita.com/ diskusi/Faktor-faktor-yang-Mempengaruhi-Kecepatan-Perkembangan-Motorik-Anak (diakses 24 Oktober 2014).

Suryani, Eka dan Hesty Widyasih. (2012). Psikologi Ibu dan Anak, Yogyakarta: Fitramaya.

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Pramesty, D. A. (2017). Intervensi Perkembangan Motorik pada Anak Down Syndrome Studi Kasus di Special Olympics Indonesia (SOIna) DKI Jakarta Tahun 2015. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v6i2.1572

Issue

Section

Articles