Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Authors

  • Riski Kartikasari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Arfatin Nurrahmah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Anik Pujiati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v6i1.2186

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Instrumen pada penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan soal essay sebanyak 9 soal. Uji persyaratan data yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Adapun hasil perhitungan uji normalitas disimpulkan bahwa data yang terdapat pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh simpulan kedua data memiliki varians homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan uji beda rerata (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung (2,91) > ttabel (2,006), sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

References

Budhiani, Fransiska Karinda. (2010). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMRI Dimodofikasi dengan Pembelajaran Kooperatif Group Discussion Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X SMA Di Kota Surakarta. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hadi, Sutarto. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Karim, Abdul dan Arfatin Nurrahmah. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa 4(1). h.179-187

OECD. (2010). PISA 2009 Result: What Students Know And Can Do. Students Performance In Reading, Mathematics And Science (Vol. I). Paris: OECD.

Rahman, Risqi dan Krisna Satrio Perbowo. (2014). “Analisis Korelasi Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMPN 3 Luragung, Kuningan-Jawa Barat”. Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi, (2) h. 128-132.

Wahyuni, Ika dan Karimah, Nurul Ikhsan. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman da Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. JNPM Vol.1 (2).h.228-240.

Published

2019-04-21

Issue

Section

Articles