KONSEP PERSATUAN DALAM PERSPEKTIF ALQURAN: PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA

Authors

  • Surawardi Surawardi Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/jtipai.v10i2.4309

Abstract

ABSTRACTUnity is very important in Islam. In the Qur’an, there are many verses indicated unity. The concept of unity becomes very important when Indonesia experiences an outbreak of the Covid-19 pandemic. This is interesting for researchers to discuss more deeply the concept of unity conveyed by the Qur’an and the concept can be applied in the current Covid-19 pandemic. This research used a library method through direct observations and a method by searching for sources in books by comparing verses related to unity in different perspectives, but the case was the same. This study explained detailly about the concept of unity in the Qur’an that could be applied to deal with the Covid-19 pandemic case in Indonesia. Although Indonesia consisted of various ethnicities and full of diversity, based on the results of this study, it was that the messages contained in the Qur’an related to unity could be applied in Indonesia to deal with the Covid-19 outbreak.KEYWORDS: Unity; Multiple Countries; Covid-19 Pandemic. ABSTRAKPersatuan merupakan hal yang sangat penting dalam Islam. Di dalam Alquran banyak ditemukan ayat yang mensyariatkan tentang persatuan tersebut. Konsep persatuan ini menjadi sangat penting ketika Indonesia sebagai negara majemuk mengalami wabah pandemi Covid-19. Hal ini menarik bagi peneliti untuk membahas lebih dalam mengenai konsep persatuan yang disampaikan oleh Alquran dan konsep tersebut dapat diterapkan di masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Metode penelitian ini menggunakan metode kepustakaan yang dianalisis dengan pengamatan peneliti, yakni dengan metode pencarian sumber-sumber yang ada di buku-buku dengan cara membandingkan ayat-ayat yang terkait dengan persatuan yang mana redaksinya berbeda, namun kasusnya sama ditambah pengamatan yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara rinci mengenai konsep persatuan di dalam Alquran yang mana konsep persatuan tersebut dapat diterapkan dalam upaya menghadapi kasus pandemi Covid-19 di Indonesia. Walaupun Indonesia terdiri dari berbagai macam ragam dan penuh dengan kemajemukan, berdasarkan hasil penelitian ini ternyata pesan-pesan yang terkandung dalam Alquran terkait persatuan dapat diterapkan di Indonesia guna menangani wabah Covid-19.KATA KUNCI: Persatuan; Negara Majemuk; Pandemi Covid-19.

References

Bilad, M. N. (2016). Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Misba”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Dahlan, A. A., dkk. (2002). Asbabun Nuzul: Latar Belakang Historis Turunnya Ayat-Ayat Al-Qur’an. Bandung : Diponegoro.

Dzahir, Y. (2019) Suplemen Bahan Ajar Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Deepublish.

Hosen, N. (2019) Tafsir Alquran di Medsos: Mengkaji Makna dan Rahasia Ayat Suci pada Era Media Sosial. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Ikhsan, M. A. (2017). Nilai-nilai Cinta Tanah Air dalam Perspektif Alquran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2 (2), 108-109.

Ilmy, B. (2007). Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kelas XII, Bandung: Grafindo Media Pratama.

Nurdin, A. (2006). Quranic Society: Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal dalam Alquran. Banjarmasin: Erlangga.

Nurdin, I., & Sri, H., (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Pristiwati, E., dkk., (2017). Perumpamaan Kesatuan dan Persatuan dalam Qur’an: Analisis Q.S. Ibrahim: 24, Al Muiminun: 52 dan Ali Imran: 103 dalam Bingkai Hukum Tata Negara. Journal of Islamic Law and Studies, 1 (1), 5.

Quthb, S. (2000). Tafsir Fi Zhilalil Quran: Di Bawah Naungan Alquran (Surah Al-Baqarah: 189-286). Jakarta: Gema Insani Press.

Ridwan, Y. (2019). Penafsiran Ayat-ayat Tentang Persatuan Umat dalam Alquran. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung.

Suryana, T. (2011). Konsep dan Aktualisasi Kerukunan Antar Umat Beragama. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9 (2), 129-132.

Sutardi, A. (2008). Ingin Cepat Sukses? Gunakan Formula Thomas Alfa Edison, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Syam, N. (2018). Menjaga Harmoni Menuai Damai: Islam, Pendidikan dan Kebangsaan, Jakarta: Kencana.

Widiyastuti, R. (2010). Persamaan di Dalam Perbedaan Budaya. Semarang: Bengawan Ilmu.

Yusuf, A. Q. (2018) Hidup Kita Tak Terlepas dari Ayat-Nya. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Surawardi, S. (2020). KONSEP PERSATUAN DALAM PERSPEKTIF ALQURAN: PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2). https://doi.org/10.18592/jtipai.v10i2.4309

Issue

Section

Articles