MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA AL-ISLAMI NURUL MA’AD BANDUNG

Authors

  • M Fahmi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Negeri Antasari

DOI:

https://doi.org/10.18592/moe.v8i1.6257

Keywords:

karakter, pendidikan karakter, manajemen pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan karakter di Indonesia dinilai gagal. Penyebabnya diyakini bahwa manajemen pendidikan karakter di sekolah belum berlangsung sebagaimana mestinya. Penelitian dilakukan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana manajemen pendidikan karakter dilakukan di SMA Al-Islami Nurul Ma’ad dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. SMA Al-Islami Nurul Ma’ad memiliki landasan yang kokoh di bidang pendidikan karakter, dan tertuang dalam Pedoman Kolese SMA Al-Islami Nurul Ma’ad. Pendidikan karakter SMA Al-Islami Nurul Ma’ad dibagi dalam tiga tahapan besar yaitu pendidikan ekskursi, live in, dan retret. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter di SMA Al-Islami Nurul Ma’ad telah berjalan sebagaimana mestinya. Direncanakan dengan matang melibatkan orang tua dan berpedoman pada visi misi secara kuat, diorganisasikan dengan baik, dilaksanakan dengan dinamis, dikontrol dan diawasi dengan tegas oleh pejabat yang ditunjuk, dan dievaluasi secara komprehensif melalui cara personalis, pendampingan, dan retret/geladi rohani. Faktor penghambat adalah orang tua peserta didik yang meragukan program pendidikan karakter SMA Al-Islami Nurul Ma’ad. Sedangkan pendukung dapat diketahui adanya yayasan yang kuat, jaringan alumni yang kuat, dana mantap, lokasi strategis, SDM terpilih/unggul, dan lain-lain.

References

Andi Prastowo. (2011). Memahami metode- metode penelitian. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, (2012). Metode penelitian kualitatif dalam perpektif rancangan penelitian. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Bogdan R.C., & Biklen, SK. (1992). Qualitatif research for an education: introduction to theory and methodes, Needham Heights: MA., Ally Bacon

Clark, Power. F. (1997). Understanding the character in character education, Uni- versity of Notre Dame. Di-unduh dari http://www.tigger.uic.edu/ inucci/MoralED/articles/powerun der.htmlTanggal 4 Januari 2013.

Darmiyati Zuchdi, Zuhdan Kun Prasetya., et.all. (2012). Model pendidikan karak- ter terintegrasi dalam pembelajaran dan pengembangan kultur sekolah. Yogyakarta: UNY Press.

Agus Wibowo. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi). (Cetakan Pertama Februari, Diterbitkan oleh: Pustaka Pelajar, Yogyakarta).

Doni Koesoema, A. (2010). Pendidikan karakter strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: PT. Grasindo.

Hidayatullah, M. F. ( 2010). Pendidikan karakter: membangun peradaban bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Lickona, T. (1992). Educating for character, how our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books. (2004). Character matters, New York: A Touchstone Book.

M .Berkowitz & M.Bier. (2006). What works in character education. Washington.

Rusman. (2011). Manajemen kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Riinawati, R. (2021). HUBUNGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN KARANG MEKAR 4 BANJARMASIN. Berajah Journal, 1(2), 72-75.

Ratna Megawangi. ( 2004). Pendidikan karakter; solusi tepat untuk membangun bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

SMA Kolese De Britto. (2010). Buku pedoman siswa 1. Yogyakarta: SMA Kolese De Britto.

Suriagiri, S. (2021). KEPEMIMPINAN OTORITER DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 62-80.

SMA Kolese De Britto. (2012). Buku pedoman siswa 2 tahun 2012 – 2013. Yogyakarta: SMA De Britto.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas.

Dakir(.2019) Manajemen Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi di Sekolah dan Madrasah), Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-02-27

Issue

Section

Articles