PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN INTEGRATIF (Studi di Lembaga Pengabdian Masyarakat STAIN Malang Jawa Timur)

Authors

  • Muhammad Yuseran dosen tetap Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/khazanah.v3i1.3157

Keywords:

Pelaksanaan, PKLI, bentuk pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan fenomena dan peristiwa yang berkaitan dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI) di STAIN Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Sumber data yang ditetapkan adalah Ketua STAIN Malang sebagai penggagas ide PKLI, Ketua dan Sekretaris serta staf LPM, ketua jurusan, dosen pembimbing lapangan, mahasiswa dan informan tambahan. Pelaksanaan PKLI di STAIN Malang cukup baik dilihat dari segi pelaksanaan program secara institusional, kebijakan pimpinan, persepsi, sikap dan partisipasi mahasiswa dan dosen dalam program PKLI tetapi masih harus ditingkatkan lagi. Faktor penunjangnya adalah dukungan dari lembaga (STAIN), lembaga penerima, mahasiswa peserta, dan pengalaman pelaksanaan PKLI. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya koordinasi, kurangnya tanggung jawab orang tertentu dalam organisasi pelaksana dan waktu yang sangat terbatas serta lebih terfokus pada bidang pembinaan profesi.

References

Arifin. Eualuasi Proposal dan Monitoring Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Makalah disajikan dalam Diklat Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat tanggal 23-25 Maret 2000 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Brawijaya.

Davis, Keith. Human Behavior an Work Organization Behavior, New York, McGraw-Hill Inc, 1977.

Griffin & Moorhead. Organizational Behavior, Boston, Huogton Mifflin Company, 1986.

Indrawijaya A.I. Perilaku Organisasi, Bandung, Sinar Baru Offset, 1989.

Miles M. B. & Huberman, M. A. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, terj. Cecep Rohidi Rohendi, Jakarta, Universitas Indonesia, I 992.

Moleong, L.J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 1990.

Robbin, S.P. Organizational Behavior: Concepts, Contraversial and Application, Englewood Cliffs, New Jersey, Prentice Hall, I 990.

S.A, Wahab. Analisis kebijaksanaan: Dari Formula ke Impelementasi Kebijaksanaan Negara, Jakarta, Bina Aksara, 1997.

Saifuddin, Azwar. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta, Liberty, 1988.

Sastropoetro, S. Partisipasi, Komunikasi Persiasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional, Bandung, Alumni, 1981.

Slamet, Margono. Metodologi Pengabdian pada Masyarakat oleh Perguruan Tinggi. Lampung, Badan Penerbit Universitas Lampung, 1986.

STAIN Malang. 2 Tahun STAIN Malang 1997-1999, Malang, t.p. 1999.

------- . Rinstra STAIN Malang 1998/1999 - 2008/2009, Malang, t.p., 1998.

How to Cite

Yuseran, M. (2019). PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN INTEGRATIF (Studi di Lembaga Pengabdian Masyarakat STAIN Malang Jawa Timur). Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 3(1), 37–52. https://doi.org/10.18592/khazanah.v3i1.3157

Issue

Section

Articles