Pemanfaatan Limbah Serbuk Gergaji Ulin dan Kayu Biasa Sebagai Energi Alternatif Pengganti Bahan Bakar Minyak

Chairunnisa Chairunnisa

Abstract


Konsumsi bahan bakar di Indonesia telah melebihi produksi dalam negeri. Dalam kurun waktu 10-15 tahun ke depan cadangan rainyak bumi Indonesia diperkirakan akan habis. Oleh karena itu, usaha untuk mencari bahan bakar alternatif yang dapat diperbaharui (renewable), ramah lingkungan dan bernilai ekonomis, semakin banyak dilakukan. Limbah industri kayu dan pertanian seperti serbuk gergaji ulin dan serbuk gergaji kayu biasa yang banyak terdapat di Banjarmasin belum termanfaatkan sepenuhnya. Proses pembuatan briket diawali dengan cara mengeringkan serbuk gergaji ulin maupun serbuk gergaji kayu biasa di bawah terik matahari untuk mengurangi kadar airnya. Hasil penelitian menunjukkkan dengan massa yang sama, briket biasa maupun briket arang yang dari serbuk gergaji ulin lebih baik dari serbuk gergaji kayu biasa, karena menunjukkkan waktu yang paling lama dan nyala api yang lebih stabil serta lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif pengganti bahan bakarĀ  minyak.


Full Text:

PDF

References


Capah, A.G. (2007). Pengaruh Komentrasi Perekat dan Ukuran Serbuk Terhadap Kualitas Briket Arang Dari Limbah Pembalakan Kayu Mangium (Acacia mangium Skripsi. Medan, Departemen Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.

Hambali, E., dkk. (2007). Teknologi Bioenergi Agromedia. Jakarta.

Hermawan. (2006). Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Sebagai Bahan Bakar Dalam Bentuk Briker. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Jember.

Pari, G. (2002). Teknologi Alternatif Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu. Makalah M.K. Falsafah Sains. Program Pascasarjana.

Prihandana, K., dkk. (2007). Meraup Untung dari Jarak Pagar. Jakarta.

Tsoumis, G. (1991). Science and Technologi of Wood : Structure, Properties.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats>
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/