Strategi Guru dalam Pembelajaran Berhitung Pembagian di Sekolah Dasar

Authors

  • Endang Putri Susanti Universitas Jambi
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi
  • Agung Rimba Kurniawan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i1.3691

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran berhitung pembagian di kelas II sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah guru wali kelas II Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara terstruktur dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berisi deskripsi tentang hasil wawancara dengan guru mengenai strategi pembelajaran berhitung pembagian disekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas II SD Negeri 155/1 Sungai Buluh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki strategi pembelajaran dalam pembelajaran berhitung pembagian. Berdasarkan indikator berhitung pembagian yaitu pengenalan konsep membagi, pembagian sederhana, dan mengajarkan konsep sisa, guru menerapkan strategi pembelajaran yang dapat membantu dalam proses pembelajaran berhitung pembagian tersebut. Adapun strategi pembelajaran yang digunakan guru berupa strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran tidak langsung. 

Author Biographies

Endang Putri Susanti, Universitas Jambi

Prodi pendidikan guru sekolah dasar

Yantoro Yantoro, Universitas Jambi

Prodi pendidikan guru sekolah dasar

Agung Rimba Kurniawan, Universitas Jambi

Prodi pendidikan guru sekolah dasar

References

Fatimah. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Jurnal PBSI, 1 (2), 110.

Frengky. (2016). Model Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 3 (2), 153.

Handayani, Sri. (2017). Upaya Meningkatkan Kognitif dalam Memperkenalkan Konsep Pengukuran Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Unimus JKPM,4 (1), 22.

Herutman. (2017). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Husaini, Rusdiana, dan Muzdhalifah. (2017). Penggunaan Strategi Role Play dan Strategi Modeling The Way Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas IV di MIN Bawah Barabai. AL-ADZKA Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7 (1), 170.

Khairunnisa. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan metode Quantum Learning, Skripsi (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).

Majid, Abdul (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Priatna, Nanang, dan Ricki Yuliardi. (2018). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, Wija Sindu. (2015). Analisis kesulitan belajar Matematika Siswa Kelas II Pada Implementasu Kurikulum 2013 Di SD Se-Kecamatan Buleleng. Jurnal PGSD Universitas pendidikan Ganesha, 3 (1), 4.

Rosmala A, dan Isro’atun. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosyadi, Widia. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN Di Kecamatan Winong Kabupaten Pati, Skripsi (Semarang: Universitas Negeri Semarang).

Sari, Luftia Renny. (2018). Peningkatan Ketrampilan Berhitung Mata Pelajaran Matematika Materi pembagian Bilangan Tiga Angka Menggunakan Media Dakon Pada Siswa Kelas 3 di SDI Sabilil Falah sukodono, Skripsi (Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundaya, Rostina. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.

Supinah. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika SD. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Soemarmo, Utari. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Wahyuni, Sri.(2013). Metode Penelitian Kasus. Madura. UTM PRESS.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Susanti, E. P., Yantoro, Y., & Kurniawan, A. R. (2020). Strategi Guru dalam Pembelajaran Berhitung Pembagian di Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 53–63. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i1.3691