Posisi Guru sebagai Orang Tua dan Murid sebagai Anak Menurut Perspektif Al-Qur’an

Authors

  • Muhammad Abdul Malik Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana hubungan antara guru dan murid yang seharusnya, berdasarkan ayat-ayat yang membicarakan hubungan orang tua dengan anak dan ayat-ayat yang membicarakan tentang adab terhadap nabi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dengan landasan utama menggunakan beberapa literatur tafsir Alquran dan sebagai sumber sekunder dari literatur lain yang berhubungan dengan topik pembahasan.  Adapun sikap yang harus dilakukan guru terhadap murid adalah (1) memanggil murid denan panggilan kasih sayang, panggilan yang disenangi oleh murid (2) aktif memberikan nasihat yang positif dengan lemah lembut, dengan cara yang baik. Sedangkan bagaimana seorang murid bersikap terhadap gurunya adalah (1) menghormati gurunya dengan sebenar-benarnya karena guru juga membawa peran kenabian, yaitu sebagai muallim (2) jangan meninggikan suara di depan guru (3) banyak berterimakasih kepada guru atas jasa dan ilmu yang telah diberikan (4) tidak berkata yang tidak pantas atau membentak guru (5) bergaul dan memanggil guru dengan lembut. Diharapkan penelitian ini bisa membantu mewujudkan dunia pendidikan yang lebih baik, yang membuat guru dan murid saling menghormati demi tercapainya tujuan pendidikan nasional.

References

Al-Qurthubi, Muhammad bin Ahmad. (2014). Al-Jami’ Li Ahkam Alqur’an. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Asy-Syikhaly, Bahjat Abdul Wahid. (2006). I’rab Alqur’an al-Karim: Lughatan wa I’jazan wa Balaghatan wa Tafsiran bi Ijaz. Beirut: Dar al-Fikr.

At-Thobari, Muhammad bin Jarir. (2005). Jami’ al-Bayan fi Ta’wil Alqur’an. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Az-Zuhaili, Wahbah. (2011). At-Tafsir al-Munir: fi al-Aqidah wa asy-Syari’ah wa al-Manhaj. Damaskus: Dar al-Fikr.

Ba’alawi, Zein bin Smith. (2005). Al Manhaj as Sawi. Tarim: Dar al-Ilm wad Da’wah.

Baqi, Muhammad Fuad Abdul. (2002). al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazh Alqur’an al-Karim. Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Katsir, Isma’il bin Umar bin. (2005). Tafsir Alqur’an al-Azhim. Riyadh: Dar Thabaqah.

Suwaidan, Tariq. (2007). Biografi Imam Syafi’i: Kisah Perjalanan dan Pelajaran Hidup Sang Mujtahid. Jakarta: Penerbit Zaman.

Downloads

Published

2019-06-28

How to Cite

Malik, M. A. (2019). Posisi Guru sebagai Orang Tua dan Murid sebagai Anak Menurut Perspektif Al-Qur’an. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 35–40. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3005