Gambaran Husnuzzhan Pada Pasien Covid-19 Di Isolasi Khusus Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan

Authors

  • Rusydina Nur Safitry UIN Antasari Banjarmasin
  • Imadduddin Imadduddin UIN Antasari Banjarmasin
  • Mahdia Fadhila UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/jah.v4i1.6442

Keywords:

Husnuzzhan, pasien Covid-19, isolasi khusus

Abstract

Husnuzzhan merupakan pikiran positif atas setiap qadha dan qadr Allah yang ditetapkan untuk semua ciptaan-Nya. Sikap prasangka positif dinilai termasuk sikap yang mesti ada di pribadi setiap orang, sebab nafs yang tenang bisa dari banyak berzikir dan memohon ampunan dari Allah SWT. Dengan begitu, mereka akan semakin meningkatkan ketaqwaan kepada-Nya, serta banyak berupaya untuk beribadah dan beramal saleh. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana gambaran husnuzzhan pasien Covid-19 yang sedang sedang menjalani karantina di Isolasi Khusus Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini berjenis kualitatif fenomenologi. Subjek yang digunakan berjumlah tiga orang dengan kriteria pasien yang telah didiagnosa positif Covid-19 melalui PCR swab test, berumur 15-55 tahun, beragama Islam, dalam keadaan dapat menerima, tenang, dan kooperatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan gambaran husnuzzhan pasien Covid-19 yang berada di Isolasi Khusus Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dengan merasakan hal positif seperti tenang, menerima, dan selalu bertawakal atas takdir yang sudah Allah tetapkan. Selama menjalani karantina, tetap berusaha dan berikhtiar agar tetap bisa melewati dengan lapang dada dan ikhlas karena dengan mensyukuri kehidupan saat ini. Faktor-faktor yang mempengaruhi husnuzzhan pada pasien Covid-19 di karantina ialah religiusitas, kepercayaan diri dan dukungan sosial. Saran dari penelitian ini, diharapkan tetap bisa mempertahankan perilaku husnuzzhan dalam kehidupan sehari-sehari di lingkungan sekitar dan saat menghadapi situasi apapun.

References

Ardella, Karina Belinda. 2020. “Risiko Kesehatan Akibat Perubahan Pola Makan Dan Tingkat Aktivitas Fisik Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Medika Hutama Vol 02 No 01 (Oktober): 6.

Gusniarti, Uly, Susilo Wibisono, dan Fani Eka Nurtjahjo. 2017. “Validasi Islamic Positive Thinking Scale (IPTS) Berbasis Kriteria Eksternal” 4 (1): 18.

McCullough, Michael E, Robert A Emmons, dan Jo-Ann Tsang. 2002. “The Grateful Dispositon: A Conceptual and Empirical Topography.” Journal of Personality and Social Psychology, 1, Volume 82: 112–27.

Pangeran, Gerardus Mayella Abdi. 2016. “Pengaruh Bersyukur Pada Kesepian Perantau Luar Kota Dewasa Awal.” Skripsi, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Pérez-Fuentes, María del Carmen, María del Mar Molero Jurado, África Martos Martínez, dan Jose Jesús Gázquez Linares. 2020. “Threat of COVID-19 and Emotional State during Quarantine: Positive and Negative Affect as Mediators in a Cross-Sectional Study of the Spanish Population.” Disunting oleh Jose M. Moran. PLOS ONE 15 (6): e0235305.

Puteri, Resha Karina. 2018. “Hubungan Antara Khusnudzon Dan Resiliensi Pada Penyintas Bencana Longsor. Skripsi.” Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Rusydi, Ahmad. 2012. “Husn Al-Zhann: The Concept Of Positive Thinking In Islamic Psychology Perspective And Its Benefit On Mental Health.” Proyeksi 7 (1): 1.

Sagir, Akhmad. 2011. Husnuzzan Dalam Perspektif Psikologi. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Sukardi, Dr. H. Edy. 2016. Buku Pintar Akhlak Terpuji. Cetakan 1. Jakarta: AMP Press : Al Mawardi Prima.

Supriyatna, Eman. 2020. “Wabah Corona Virus Disease (Covid-19) Dalam Pandangan Islam.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7 (6).

Uyun, Qurotul, dan Irman Nuryadin Siddik. 2018. “Khusnudzon Dan Psychological Well Being Pada Orang Dengan HIV/AIDS.” Psikis: Jurnal Psikologi Islami 3 (2): 86.

World Health Organization. 2020. “Pertimbangan-pertimbangan untuk karantina individu dalam konteks penanggulangan penyakit coronavirus (COVID-19),” Februari, 1–3.

Yuliana. 2020. “Corona virus disease (Covid-19); Sebuah tinjauan literatur.” Wellness and healthy magazine 2 Nomor 1 (Februari): 6.

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Safitry, R. N., Imadduddin, I., & Fadhila, M. (2024). Gambaran Husnuzzhan Pada Pasien Covid-19 Di Isolasi Khusus Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Al-Husna, 4(1), 56–68. https://doi.org/10.18592/jah.v4i1.6442

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>