SUMBER BELAJAR DAN PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Sri Anitah Guru Besar Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Sebelas Maret, Solo

DOI:

https://doi.org/10.18592/khazanah.v8i2.3024

Keywords:

proses pembelajaran, sumber belajar, mutu pendidikan

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan Depdiknas untuk meningkatkan mutu pendidikan, seperti perubahan kurikulum, peningkatan mutu pendidik melalui pendidikan lanjut, sertifikasi guru maupun dosen, sarana dan prasarana. Semua itu dilakukan dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran, yang pada akhirnya diharapkan meningkatkan mutu pendidikan. Banyak komponen sistem pendidikan khususnya pembelajaran yang perlu mendapat perhatian, salah satu diantaranya adalah sumber belajar. Salah satu komponen yang menjadi topik pembahasan dalam seminar ini adalah sumber belajar dan pembelajaran itu sendiri yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Kita semua mennyadari bahwa paradigma pembelajaran saat ini telah bergeser dari teacher centered ke student centered . Peserta didik dapat berlajar dari berbagai sumber yang terhampar di sekeliling kita, jadi guru atau dosen bukan lagi merupakan satu-satunya sumber informasi. Begitu pula berbagai jenis strategi pembelajaran yang mendukung keaktifan peserta didik telah banyak dikembangkan. Namun bagaimanakah penerapannya dalam proses pembelajaran, masih perlu mendapat perhatian, sejauh mana semua itu terlaksana sesuai dengan harapan

References

Association for Educational Communication and Technology. 1977. The Definition of Educational Technology. Washington, D.C.: AECT.

Dorrell, J. 1993. Resourced-Based Learning. New York: Mc Graw- Hill Company

Duffy, J.L., McDonald, J.B., & Mizell, A.P. 2003. Teaching and Learning with Technology.N.Y.: Pearson Education, Inc.

Januszewski, A., & Molenda, M. 2008.Educational Technology. A definition with Commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Newby, T.J., Stepich, D.R., Lehman, J.D. & Russell, J.D. 2000.Instructional Technology for Teaching and Learning. New Yersey: Prentice Hall, Inc.

Seels, B.B., & Richey, R.C. 1994. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Washington D.C.: AECT.

Smaldino, S.E., Russell, J.D., Heinich, R., & Molenda, M. 2005.Instructional Technology and Media for Learning. New Yersey: Merrill Prentice Hall.

Published

2010-08-19

How to Cite

Anitah, S. (2010). SUMBER BELAJAR DAN PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 8(2), 585–596. https://doi.org/10.18592/khazanah.v8i2.3024

Issue

Section

Articles