PERAN KIYAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM PADA SANTRI STUDI KASUS DI PONDOK MODERN IGM AL-IHSANIYAH PALEMBANG

Authors

  • Anan Marliansyah
  • Muhammad Isnaini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mukti Ali Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.18592/jtipai.v13i1.9433

Abstract

Peran kiyai dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam pada santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kiyai dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam pada santri dan bagaimana pelaksanaan pendidikan Islam di pondok modern IGM Al-Ihsaniyah Palembang. Jenis penilitian yang digunakan adalah studi kasus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kiyai memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam pada santri. Kiyai berperan membantu membentuk karakter santri yang kuat, meningkatkan kualitas pengajaran, pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas fasilitas dan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian pelaksanaan pendidikan Islam di pondok modern IGM Al-Ihsaniyah Palembang dilaksanakan dengan metode totalitas pendidikan 24 jam, serta mengintegrasikan antara kurikulum K13 Kemenag dan kurikulum KMI pondok modern Darussalam Gontor dengan memerhatikan nilai-nilai keislamannya pada setiap program pendidikan yang dilaksanakan.

References

Al-Qur’an dan Terjemahannya, Kementrian Agama RI, Solo:Abyan,2014.

Ali, Mufid. Sistem Pendidikan Pesantren Menurut Nurcholis Madjid. Purwokerto: Pustaka Belajar, 2011.

Alwasilah, Chaedar. Pokoknya Studi Kasus Pendekatan Kualitatif. Bandung: PT Kiblat Buku Utama, 2019.

Asmani, Jamal Ma’mur. Manajemen Efektif Marketing Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press, 2015.

Ayuningsih, Widya, Syafaruddin, dan Amiruddin MS. “Implementation of Islamic Education Curriculum Development in Al-Ulum Islamic School Medan.” Birle Journal 3, no. 2 (2020): 1033–44.

Azra, Azumardi. Islam Nusantara Jaringan Global dan Lokal. Bandung, 2022.

Budiarto, Muhammad annas, dan unik hanifah Salsabila. “Optimizing Islamic Education Towards the Golden Era of Indonesia.” Tafkir: Interdisciplinary Journal Of Islamic Education 3, no. 1 (2022): 1–19.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam di Indonesia Historis dan Eksistensinya. Jakarta: Kencana, 2019.

Dhofier, Zamarkhsyari. Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinnya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: Penerbit LP3S, 2015.

Lubis, Maimun aqsa. “Effective Implementation Of The Integrated Islamic Education.” Journal GJAT University Kebangsaan Malaysia 5, no. 1 (2015): 59–68.

Thoif, Mokh. Tinjauan Yuridis Pendidikan Nonformal dalam Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Scorpindo Media Pustaka, 2021.

Wiani, Novan Ardy. Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta, 2013.

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Marliansyah, A., Isnaini, M., & Ali, M. (2024). PERAN KIYAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM PADA SANTRI STUDI KASUS DI PONDOK MODERN IGM AL-IHSANIYAH PALEMBANG. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 13(1), 41–48. https://doi.org/10.18592/jtipai.v13i1.9433

Issue

Section

Articles