Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Akreditasi Predikat “A” di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin

Anwar Zain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan akreditasi menjadi predikat A dengan nilai 96 di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian upaya kepala sekolah dalam upaya meningkatkan akreditasi adalah 1) mempersiapkan jauh hari, 2) membuat tim akreditasi, 3) studi banding, 4) membuat RPP (rencana pelaksanaan pengajaran) yang terbaik, 5) memberikan dukungan profesionalitas kepada tenaga pendidik dan kependidikan, 6) menata administrasi madrasah, 7) melengkapi sarana dan prasarana secara bertahap, 8) memberdayakan organisasi siswa, 9) menjalin kerjasama yang baik dengan komite madrasah dan masyarakat, 10) mengembangkan sumber pendapatan madrasah, 11) mengadakan dialog pengarahan akreditasi.


Full Text:

PDF

References


Asmani, Ma’mur Jamal. (2012). Tips Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: DIVA Press.

Awaludin, Aulia Ar Rakhman. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan: Vol 2 No 1 2017.

Burhanuddin. Makin, Moh. (2010). Manajemen Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.

Habibi. (2013). Makalah Dampak Akreditasi Sekolah. http://wordpress.com.

Kementerian Pendidikan Nasional RI. (2011). Analisis Sistem Akreeditasi Sekolah/Madrasah dalam Rangka Reformasi Birokrasi Internal. Jakarta: Diva Pustaka.

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sholihin, Emilia Nur Chasanah. Bafadal, Ibrahim. Sunandar, Asep. (2018). Pengelolaan Persiapan Akreditasi Sekolah JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan: Volume 1 Nomor 2 Juni 2018.

Suryana, Asep. 2005. Akreditasi, Sertifikasi Dan Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan: Vol 3, No 2 2005.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementerian Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jt%20ipai.v10i2.4570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.