PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI DI DAERAH TERPENCIL: STUDI ATAS KETERBATASAN SUMBER DAYA MANUSIA

Lailatul Ilmiyah, Husnul Khotimah, Nur Rachma Aryani, Alaika M. Bagus Kurnia PS

Abstract


Pendidikan adalah suatu masalah yang sangat penting bagi setiap bangsa lebih utamanya bangsa yang sedang membangun pendidikan. Disisi lain juga pendidikan dianggap suatu problem bagi setiap orang.  Masalah yang sering muncul itu keluhan tentang pendidikan baik dengan kurikulumnya, sistemnya, tenaga pendidiknya dan lain sebagainya. Tulisan ini membahas berbagai problematika yang ada seperti, seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sering menemui problem-problem khususnya pendidik agama yang dimana dari waktu ke waktu berbeda-beda dengan kehidupan masyarakat yang semakin berkembang sangat pesat. Kurangnya sarana dan prasarana, Jumlah seorang guru yang terbatas, fasilitas yang tidak memadai di daerah terpencil sering menjadi suatu masalah yang sering dianggap sebagai faktor utama kurangnya pendidikan di daerah terpencil.

Tulisan ini juga membahas mengenai solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika pada pembelajaran PAI di daerah terpencil. Selain itu, juga membahas tentang keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan faktor yang menyebabkannya dari keterbatasan tersebut serta hasil yang diperoleh setelah adanya solusi yang diberikan dalam mengatasi problematika pada pembelajaran PAI di daerah terpencil tersebut. Sehingga dengan adanya pembahasan tersebut dapat menghasilkan kesimpulan bahwa problematika yang terjadi di daerah terpencil dalam pembelajaran PAI ini disebabkan oleh beberapa faktor, adanya keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), serta dengan adanya solusi yang tepat dapat memberikan hasil yang terbaik bagi masyarakat yang berada di daerah terpencil dalam mencari ilmu khususnya pada pembelajaran PAI. 


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. 1996.

Muslimin. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Upaya Solusi Guru Agama dalam Pembinaannya di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Jambi. 2017.

Rahman, Abdul. Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam. 2012

Sahertian, Piet A. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset. 1994.

S, Nasution. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 1995.

Son Haji. Problematika Sumber Daya Manusia (SDM) di Sekolah Dasar yang Terletak di Daerah Terpencil. Palembang: Prosiding Seminar Nasional. 2019.

Suardi, Firdaus. Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi. Makassar. 2016

Sulvia, Wa Ode, dkk. Faktor Penyebab Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat di Desa Maabholu Kecamatan Loghia Kabupaten Muna. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi. 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jt%20ipai.v11i1.4386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


========================================

Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam are indexed by:

    
      

    


========================================


Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam by http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.