PEMAHAMAN DA’IYAH KOTA BANJARMASIN TERHADAP HADIS MENCELA MAKANAN

Authors

  • Noor Ainah

DOI:

https://doi.org/10.18592/jtipai.v9i1.3117

Abstract

Masalah ini diangkat karena kebiasaan masyarakat sekarang yang sering mencela makanan, sehingga enggan untuk memakan makanan tersebut. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana pemahaman da’iyah tentang hadis mencela makanan. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang da’iyah kota Banjarmasin berkenaan dengan hadis mencela makananPenelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologis. Dimana sejumlah data diperoleh dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk memilih responden, peneliti menggunakan metode purpose sampling dengan menggunakan kriteria untuk membatasinya. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah da’iyah yang berada di kota Banjarmasin. Sedangkan objeknya adalah pemahaman mereka tentang hadis mencela makanan.Setelah dilakukan penelitian dan analisis terhadap data-data yang didapatkan, maka dapat dinyatakan bahwa kualitas hadis mencela makanan adalah shahih dan hadis ini tidak ada sabab wurudnya dan juga tidak bertentangan dengan al-Quran dan hadis-hadis lain. Pemahaman da’iyah kota Banjarmasin secara tekstual terhadap hadis mencela makanan itu ada persamaan yakni tidak boleh mencela makanan karena termasuk sikap kurang bersyukur atas nikmat yang telah Allah swt. Berikan. Akan tetapi juga ada perbedaan diantara pendapat-pendapat itu yakni tentang pemahaman hadis mencela makanan secara kontekstual.Kata Kunci: Hadis, Da’iyah, Mencela Makanan

References

Nada, ‘Abdul Aziz bin Fathi as-Sayyid. Ensiklopedia Etika Islam, terj. Muhammad Isnaini, dkk. Jakarta: Magfirah Pustaka, 2006.

Dewi, Diana Candra. Rahasia di Balik Makanan Haram. Malang: UIN Malang Press: 2007.

Nada, Abdul ‘Aziz bin Fathi as-Sayyid. Ensiklopedia Adab Islam Menurut al-Quran dan as-Sunnah Jilid 1, terj. Abu Ihsan al-Atsari. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’I, 2007.

Al-Bukhari, Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Mugirah. Shahih Bukhari Juz 3 Kitab al-Ath’amah Bab Ma’aba al-Nabi saw. Thaama nomor hadis 5408. Beirut: Dar al-Fikir, 1994.

Arikunto, Suharsimin. Manajemen Penelitian. Jakarta: Renika Cipta, 1995.

Champion, James A. Black dan Dean J. Metode dan Masalah Penelitian Sosial, terj. E. Koswara, dkk. Bandung: Refika Aditama, 2009.

Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press, 2011.

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

Ainah, N. (2019). PEMAHAMAN DA’IYAH KOTA BANJARMASIN TERHADAP HADIS MENCELA MAKANAN. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 9(1). https://doi.org/10.18592/jtipai.v9i1.3117

Issue

Section

Articles