KONSEP MOTIVASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Abdul Khaliq

DOI:

https://doi.org/10.18592/jtipai.v3i2.1861

Abstract

Motivasi dapat diartikan sebagai upaya pimpinan untuk menggerakkan (memotivasi) seseorang atau kelompok orang yang dipimpin dengan menumbuhkan dorongan atau motive dalam diri orang-orang yang dipimpin untuk melakukan tugas atau kegiatan yang diberikan kepadanya sesuai dengan rencana dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Motivasi yang dapat dikembangkan dalam lembaga pendidikan Islam: (1) Motivasi kepemilikan; (2) Motivasi berkompetisi dan (3) Motivasi kerja. Dalam Al-Qur’an dan Hadits dijelaskan beberapa motivasi kegiatan hidup manusia yang dibenarkan Allah Swt adalah: (1) Tidak ada motivasi atau tendensi apapun dalam ibadah, hidup dan mati ini kecuali semata-mata karena Allah; (2) Semata-mata ikhlas karena Allah Swt, sebab hal itu merupakan bentuk beragama yang benar; (3) Untuk mencapai kebaikan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat serta terhindar dari siksaan api neraka; dan (4) Untuk mencapai keberuntungan akhirat, sebab dengan mencari keberuntungan akhirat ini agar mendapat keberuntungan dunia.  Kata Kunci: Motivasi, Pendidikan dan Islam

References

Amirullah, Hanafi, dan Rindyah, Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2002.

Anoraga, Pandji, Psikologi Kerja, Jakarta :Rineka Cipta, 1998.

As’ad, Moh., Psikologi Industri, Yogyakarta: Liberty, 1995.

Danim, Sudarwan, Motivasi, Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

______, dan Suparno, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan: Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Cet. Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Cet. Ke-4, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Cet ke-8, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Johannsen, Hano, and G. R. Terry, International Dictionary of Management, 4th Edition, London: Kogan Page, 1990.

Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Cet. Ke-14, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1998.

Maxwell, J.C., dan L.Parrott, 25 Ways to Win with People: How to Make Others Feel Like a Million Bucks, Nashville, TN: Thomas Nelson, 2005.

Mondore, Scott Paul, Cognitive and Motivational Influences off High Involvement Work Procesesses on Employee Morale, Performance and Turnover, diunduh tanggal 1 Agustus 2011dalam http://www.getd.libs.uga.edu, USA: University of Georgia, 2002.

Mujib, Abdul, dan Yusuf Mudzakir, Nuansa-Nuansa Psikologi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.

Nawawi, Hadari, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Rivai, Veithzal, dan Syilviana Murni, Education Management: Analisis Teori dan Praktik, Jakarta: PT. Rajawali Pers, 2009.

Saleh, Abdul Rahman, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Cet. Ke-3, Jakarta: Kencana, 2008.

Siagian, Sondang P., Manajemen Sumber Daya Manusia, Cet. Ke-16, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

SP., Malayu Hasibuan, Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Sudjana, Nana, Manajemen Program Pendidikan, Bandung: Falah Production, 2004.

Wexley, Kenneth N., dan Gary A. Yukl, Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia. Penerj. Muh. Shobaruddin. Cet. II. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Yamin, Martinis, Profesionalisme Guru dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Cet. I, Jakarta: Gaung Persada Press, 2006.

Downloads

Published

2013-07-01

How to Cite

Khaliq, A. (2013). KONSEP MOTIVASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(2). https://doi.org/10.18592/jtipai.v3i2.1861

Issue

Section

Articles