PEMBELAJARAN PAI BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP

Authors

  • Muhdi Muhdi

DOI:

https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1826

Abstract

Dalam dua dasawarsa terakhir ini, kita dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan di negeri ini mengalami kerusakan yang semakin parah. Banjir, tanah longsor, dan kerusakan hutan menjadi masalah yang semakin luas dan dialami oleh banyak daerah di negeri ini. Berbagai bencana yang menimpa pendudukan baik desa maupun kota silih berganti terjadi. Semua itu menyisakan problem kemanusiaan yang mendalam, mulai dari ambruknya tempat tinggal, terhentinya aktivitas perekonomian, penyebaran penyakit menular yang cepat meluas, dan korban jiwa yang tidak saja dalam jumlah puluhan, ratusan bahkan ribuan. Memperhatikan berbagai fakta bencana yang terjadi, ternyata kenestapaan tersebut tidak melulu murni bencana alam seperti gunung meletus atau sunami, tetapi bencana yang muncul akibat perusakan alam yang dilakukan oleh manusia serakah yang tidak bertanggung jawab. Mempertimbangkan hal ini, langkah kuratif yang dilakukan pemerintah maupun pihak yang yang peduli tidak bisa tidak harus diikuti dengan langkah antisipatif lewat pendekatan budaya. Pendekatan budaya ini kurang lebihnya disetting dalam upaya internalisasi nilai-nilai sadar lingkungan lewat proses pendidikan. Tulisan ini bermaksud menguraikan konsep dasar persoalan ini dari arah pembelajaran PAI sebagai sarananya.Kata Kunci: Pembelajaran, PAI, Lingkungan

References

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Alma’arif, 1981.

Burhan Nurgiyantoro, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Yogyakrta: BPFE, 1988

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahanya.

Depdiknas, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Disdakmen, 2002.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indoensia, Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Emil Salim, Lingkungan Hidup dan Pembagunan, Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1991.

Harun M. Husaen, Lingkungan Hidup, Masalah Pengelolaan dan Penegakan Hukumnya, Jakarta: Bumi Aksara, 1995

Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Jain, R.K., et.al., Environmental Impact Analysis; A New dimension In Decision Making (second edition), New York: Van Nostrand Reinhold Company, 1981.

Muhaimin et. al, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Mujiyono Abdillah, Agama Ramah Lingkungan Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: 2002.

M. Ngalim Purwanto, Ilmu pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.

Rusli, Islam dan Lingkungan Hidup; Meneropong Pemikiran Ziauddin Sardar, Jurnal Hermeneia, vol. 3. no. 2 Juli-Desember 2004.

Salafuddin, “Islam dan Lingkungan Hidup,” Majalah Rindang No. 9 TH. XXI April 1996.

Downloads

Published

2015-01-01

How to Cite

Muhdi, M. (2015). PEMBELAJARAN PAI BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1826

Issue

Section

Articles