HERMENEUTIKA DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • M. Noor Fuady

DOI:

https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1823

Abstract

hermeneutika sebagai metode penafsiran teks, banyak digunakan oleh para pemikir Islam moderenis seperti, Hassan Hanafi, Fazlur Rahman, Muhamad Arkoun, Nasr Hamid Abu Zaid dan lain-lain. Padahal istilah hermeneutika dalam filsafat barat sangat terkait dengan interpretasi Bibel. Oleh karena itu penggunaan hermeneutika dalam tafsir al-Quran masih terdapat pro dan kontra. Hermeneutika selalu berpusat pada fungsi penafsiran teks. Konsep “teks” di sini tidak terbatas pada sesuatu yang tertulis, tapi meliputi pula ujaran, penampilan, karya seni, dan bahkan peristiwa. Di sini sebenarnya bisa pula dikatakan interpretasi “teks sosial”. Bahkan simbol-simbol pun, sebenarnya merupakan teks. Termasuk simbol-simbol dalam mimpi seseorang. Beberapa tokoh muslim mencoba memformulasikan hermeneutika ke dalam dunia Islam di antaranya adalah Abid al-Jabiri yang mengemukakan nalar Bayani, Irfani dan Burhani, yang kemudian dapat dijadikan landasan untuk menginterpretasi teks al-Quran untuk diimplementasikan ke dunia pendidikan.Kata Kunci: Hermeneutika, Filsafat, Pendidikan Islam

References

Adian, Donny Gahral Percik Pemikiran Kontemporer : Sebuah Pengantar Komprehensif, (Yogyakarta : Jalasutra, 2006)

Andrews, E A. A Latin Dictionary : Founded on Andrews edition of Frued's Latin Dictionary, (Oxford : Clarendon Press, 1980)

Armas, Adnin Metodologi Bibel dalam Studi Al-Quran, (Gema Insani, 2005)

Bertens, K. Filsafat Barat Kontemporer: Inggris-Jerman.(Jakarta: Gramedia, 2002)

_______. Panorama Filsafat Modern (Cet. I; Jakarta: Penerbit Teraju, 2005)

Edwards, Paul The Encyclopedia of Philosphy (London: Collier MacMillan Publishers, 1967), Vol. 1-2

Faiz, Fahruddin Hermeneutika Al-Quran, tema-tema kontroversial, (elSAQ, 2005)

Grondin, Jean sejarah Hermeneutik, Ar-Ruzmedia, Jogjakarta, 2007

Hadi, Abdul. Hermeneutika Sastra Barat dan Timur. (Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional 2008.)

Howard, Roy J. Hermeneutika terj. Kusmana (Bandung: Penerbit Nuansa, 2001).

Husaini, Adian Hermeneutika dan Tafsir Al-Quran, (Gema Insani, 2007)

Ilyas, Yunahar Perlukah Hermeneutika dalam Menafsirkan Al-Quran, makalah seminar Nasional Hermeneutika phobia, Fakultas Ushuluddin, Tafsir Hadits, IAIN Walisongo Semarang.

Jauhari, Imam Chanafie al-. Hermeneutik Islam, Membangun Peradaban Tuhan di Pentas Global, (Yogyakarta : Ittiqa Press, 1999)

Muslih Mohammad. Filsafat Ilmu : Kajian atas Asumsi Dasar, Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan (Yogyakarta, Belukar, 2004).

Muzairi, Hermeneutika dalam Pemikiran Islam, sebuah makalah dalam buku “Hermeneutika Al-Quran Mazhab Yogya”. Islamika, 2003

Palmer, R.E. Hermeneutiks: Interpretation Theory in Schleiermacher, Dilthey, Heidegger, and Gadamer. (Evanston, III:Northwestern Univ. Press. 1969.) diterjemahkan oleh Masnuri Hery dan Damanhuri dengan judul Hermeneutika; Teori Baru Mengenai Interpretasi (Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005)

Poespoprodjo, W. Hermeneutika (Bandung: Pustaka Setia, 2004)

Raharjo, Mudjia Dasar-dasar Hermeneutika antara Intersionalisme dan Gadamerian, (Ar-Ruzmedia Jogjakarta, 2008)

Reese, William L. Dictionary of Philosophy and Religion : Eastern and Western Thought, (New York : Humanities Press, 1996)

Risman, Abu Metodologi Humaniora Dilthey dalam Jurnal Al-Jami’ah No. 25 (Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga, 1981)

Salahuddin, Henry Studi Analitis Kritis Terhadap Filsafat Hermeneutik Alquran, dalam Blog pada WordPress.com.

Sastrapratedja, M. “Hermeneutika dan Etika Naratif Menurut Paul Ricoeur” dalam Jurnal Kanz Philosophia, Vol.2, No.2, 2012.

Sumaryono, E. Hermeneutik Sebuah Metode Filsafat, (Yogyakarta: Kanisius, 1993)

Thompson, John B. Critical Hermeneutics terj A. Khozin Afandi Filsafat Bahasa dan Hermeneutik : untuk Penelitian Sosial, (Surabaya: Visi Humanika, 1986)

Weinscheimer, Joel C. Gadamer Hermeneutics : A Reading of Truth and Method. (London : Yale University, 1985)

Zayd, Nashr Hamid Abu Isykaliyah al-Qira’ah wa Alliyat al-Ta’wil, edisi terjemahan Indonesia oleh Sunarwoto Dema, (PT. LKiS Pelangi Aksara, Yogyakarta, 2004)

Downloads

Published

2015-01-01

How to Cite

Fuady, M. N. (2015). HERMENEUTIKA DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1823

Issue

Section

Articles