SEJARAH TOKOH PENDIDIKAN ISLAM DI KALIMANTAN SELATAN (TUAN GURU H. ABDURRASYID, TUAN GURU H. MAHFUZ AMIN, PROF. DRS. H. M. ASYWADIE SYUKUR, LC DAN KH. MUHAMMAD ZAINI ABDUL GHANI)

Authors

  • Masrawiyah Masrawiyah

DOI:

https://doi.org/10.18592/jtipai.v6i2.1818

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari betapa pentingnya sejarah Islam itu sendiri seperti berkembangnya pendidikan Islam khususnya di Kalimantan Selatan. Beberapa tokoh penting yang berperan diantaranya, Tuan Guru H. Abdurrasyid, Tuan Guru H. Mahfuz Amin, Prof. Drs. H.M. Asywadie Syukur, Lc, dan KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani, Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran dan kedudukan Tuan Guru H. Abdurrasyid, Tuan Guru H. Mahfuz Amin, Prof. Drs. H. M. Asywadie Syukur, Lc dan KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani, dalam bidang pendidikan Islam di Kalimantan Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang tokoh yaitu Tuan Guru H. Abdurrasyid, Tuan Guru H. Mahfuz Amin, Prof. Drs. H.M. Asywadie Syukur, Lc dan KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pendidikan Islam di Kalimantan Selatan yakni peran dan kedudukan tokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kedudukan yang dapat diberikan oleh keempat tokoh terhadap pendidikan Islam di Kalimantan Selatan khususnya di wilayah Banjarmasin, Martapura, Amuntai dan Barabai. Sumber data diperoleh melalui buku-buku atau literatur, manaqib tokoh dan wawancara setelah terkumpul semua data tersebut, maka langkah yang selanjutnya menganalisis data melalui teknik studi tokoh dimaksud dengan keluarga. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran Abdurrasyid pendiri Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai diresmikan pada tahun 1928. Kedudukan beliau sebagai ulama, pendidik, pendakwah dan panutan masyarakat. Peran Mahfuz Amin pendiri Pondok Pesantren Ibnul Amin Pamangkih diresmikan 11 Mei 1958. Kedudukan beliau sebagai ulama, pendakwah, pendidik dan tokoh masyarkat. Peran Asywadie pendiri Lembaga Dakwah IAIN, pencetus program Pascasarjana IAIN Antasari dan sebagai pendidik. Kedudukan beliau sebagai rektor, guru besar IAIN Antasari dan tiga kali memimpin MUI Kalimantan Selatan. Peran Guru Sekumpul sebagai penceramah dan pendakwah. Kedudukan beliau sebagai wali mursyid yang mashur. Kata kunci: sejarah, tokoh, pendidikan Islam

References

Abdullah Karim, Ahdi Makmur, Ulama Pendiri Pondok Pesantren di Kalimantan Selatan, Banjarmasin, PPIK Antasari, 2006.

Abu Daudi (H. M. Irsyad Zein), Al-alimul’allamah Al’arif Billah As-Syekh H. Muhammad Zaini Abdul Ghani, Martapura, Yafida, 2006.

Antasari, Institut Agama Islam Negeri Antasari (IAIN), Banjarmasin, Antasari Press, 2004.

Ahmad Syafi’i Ma’arif, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam, Yogyakarta, Pustaka Book Pulisher, 2007.

Asy’ari M, Konsep pendidikan Islam Implementasi Dalam Tradisi Klasik dan Propagasi Modern, Jakarta Selatan, Sejahtera Kita, 2011.

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta,Pustaka Belajar, cet 1 2001.

Abuddin Nata, Persepektif tentang Pola Hubungan Guru-Murid (Studi Pemikiran Tasawuf Al-Gazali), Jakarta, RajaGrafindo, 2001.

Abdul Muthalib Mohjidin (ed), Lima Puluh Tahun Perguruan Islam Rasyidiyyah Khalidiyyah (RAKHA), Amuntai, Rakha, 1972.

Alfani Daud, Islam & Masyarakat Banjar, Jakarta, Radar Jaya Offset, 1997.

Baharuddin, dkk, Manajemen Pendidikan Islam,Malang UIN, Malik Press,2010.

Barjie B Ahmad, Mengenang Ulama dan Tokoh Banjar, Yogyakarta,2012.

Bayani Dahlan, dkk, H.M. Asywade Syukur (Ulama Kampus dan Ulama Pembangunan), Banjarmasin, Kalimantan Selatan,2007.

Daulah Haidar Putera H, Pemberdayaan Pendidikan Islam Indonesia, Jakarta, Rineka Cipt, 2009.

Daradjat Zakiah , Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Radar Jaya Offset, 1992.

Enung H, dkk, Sejarah Pendidikan Islam Indonesi, Bandung, CV Pustaka, 2006.

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam Indonesia (Lintasan sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan), Jakarta, Radja Grafindo Persada, 2001.

Hadi Rizal, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Autistik di Sekolah Inklusi SDN Benua Anyar 8, Skripsi, Fakultas Tarbiyah, IAIN Antasari, 2014.

Ideham M Sahriansyah, dkk, Islam Banjar, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Badan Penelitian dan Pengembanagan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, 2003.

Komaruddin, Kamus Istilah Karya Tulis Ilimiah, Jakarta, Bumi aksara, 2000.

Laily Mansur, Tuan Guru H. Abdur Rasyid, Laporan penelitian, Lembaga Riset dan Suvey, Banjarmasin, 1986.

Minarti, Sri, Ilmu Pendidikan Ilmu, Islam, Jakarta, Amzah, 2013.

Mangunsuwito, Kamus Saku Ilmiah Populer, Jakarta, Wiyatamma Presindo, 2011.

Muhammad Abrar Dahlan, Biografi Singkat KH. Mahfuz Amin Sejarah Pondok Pesantren Ibnul Amin Pamangkih, Pamangkih, Sn, 1997.

Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung,Pustaka Setia, 1997.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2008.

Rif’an Syafruddin & Amir Zamzam, Manaqib Tuan Guru H. Abdur Rasyid, Amuntai, Dewan Yayasan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, 2015.

Raihanah, perkembangan Kurikulum Pada Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai Kalimantan Selatan, Tesis, Pascasarjana IAIN, 2004.

Downloads

Published

2016-06-01

How to Cite

Masrawiyah, M. (2016). SEJARAH TOKOH PENDIDIKAN ISLAM DI KALIMANTAN SELATAN (TUAN GURU H. ABDURRASYID, TUAN GURU H. MAHFUZ AMIN, PROF. DRS. H. M. ASYWADIE SYUKUR, LC DAN KH. MUHAMMAD ZAINI ABDUL GHANI). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 6(2). https://doi.org/10.18592/jtipai.v6i2.1818

Issue

Section

Articles