IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI DI SMP ISLAM AL-AZHAR PEKANBARU)

Authors

  • Dewi Apriliani UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/moe.v5i1.5237

Keywords:

implementasi, manajemen, sekolah

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah penyerasian sumberdaya yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah dengan melibatkan semua kelompok pemangku kepentingan. MBS juga memberikan keluasaan bagi sekolah untuk menentukan arah dan kebijakan yang relevan dengan situasi dan kondisi lingkunganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi MBS di Sekolah Menengah Pertama yang Berbasis Keislaman, dalam hal ini penulis memilih lokasi di SMP Islam Al- Azhar 37 Pekanbaru. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam kajian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kesiswaan, Wakil Humas, Tenaga Tata Usaha, dan 2 orang guru serta 5 orang siswa. Objek penelitian adalah implementasi manajemen berbasis sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini penulis menemukan beberapa kebijakan sekolah yang berhubungan dengan manajemen peserta didik, manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat, manajemen kurikulum, manajemen personal, manajemen layanan khusus, manajemen sarana dan prasarana, manajemen anggaran sekolah. Salah satu kebijakan terkait manajemen peserta didik yaitu registrasi calon siswa baru secara online dan calon siswa harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah diberikan sekolah. Kemudian, bagi yang memenuhi syarat akan melakukan tes wawancara, matematika, bahasa inggris, mengaji dan hafalan juz 30.

References

Anonim. (2010, Maret). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Dipetik November 30, 2019, dari Jurnal Manajemen, Bahan Kuliah Manajemen: hhttp://jurnal sdm.blogspot.com/2010/03/manajemen-peningkatan mutu-berbasis.html

Depdiknas. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jalal, F., & Supriadi, D. (2001). Reformasi Pendidikan Dalam Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Machali, I., & Hidayat, A. (2018). The Handbook of Education Management Edisi 2. Yogyakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Pasaribu, A. (2017, Maret). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional di Madrasah. EduTech, 3(1), 23-24.

Siahaan, A., & dkk. (2006). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.

Downloads

Published

2019-02-24

Issue

Section

Articles