Pemanfaatan TIK pada Pembelajaran Biologi Guru SMA di Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang

Authors

  • Ayu Afriyanty
  • Yenny Anwar Universitas Sriwijaya
  • Elvira Destiansari Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.18592/ak.v3i2.10852

Keywords:

Pemanfaatan TIK, SMA di Kecamatan Ilir Barat I, Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan TIK oleh guru Biologi di SMA Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai Juli 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah sekolah menengah atas di Kecamatan Ilir Barat I. Sampel pada penelitiaan ini adalah lima SMA di Kecamatan Ilir Barat I, yang terdiri dari dua SMA terakreditasi A, dua SMA terakreditasi B, dan satu SMA terakreditasi C. Teknik pengumpulan data yaitu angket respon guru dan peserta didik, wawancara dengan guru biologi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, indikator literasi TIK memperoleh hasil sebesar 88% kategori sangat tinggi, pemanfaatan TIK pada perencanaan 89% kategori sangat tinggi, pemanfaatan TIK pada pelaksanaan 88% kategori sangat tinggi, pemanfaatan TIK pada evaluasi 86% kategori sangat tinggi, dan hambatan penggunaan TIK 43% kategori rendah. Hasil angket peserta didik menunjukan bahwa, indikator pemanfaatan TIK pada pelaksanaan memperoleh hasil sebesar 75% kategori tinggi, pemanfaatan pada evaluasi 72% kategori tinggi, dan motivasi belajar 78% kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat pemanfaatan TIK pada pembelajaran terkategori sama pada tiap sekolah meskipun memiliki akreditasi yang berbeda.

References

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 2a.

Anugrahana , A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , Volume 10 No3.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bidayati, H, N., Yohana, R., & Puspita, L. (2020). Technological Pedagogical Content Knowladge Mahasiswa Calon Guru Biologi Dalam Menyusun Perangkat Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA, Volume 1, Nomor 2,.

Depdiknas. (2018). Permendikbud Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal. Jakarta: Depdiknas.

Fahreza, F., Thaariq, S., & Amiyati. (2022). Analisis Pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di SD Negeri 1 Jeuram Kabupaten Nagan Raya . Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 9. No 1.

Handhika , J. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau Dari Motivasi Belajar . Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 1, No 2.

Hasruddin. (2009). Peran Multi Media Dalam Pembelajaran Biologi . Jurnal Tabularasa PPS UNIMED , Vol. 6 No. 2.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 121-125.

Kemendikbud. (2020, 12 5). Data Pokok Pendidikan Dasar Dan Menengah . Retrieved from Https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.

Kurnia, K., Salim, A., & Utama, A.H. (2024) Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Youtube untuk Menunjang Proses Pembelajaran di Sekolah. Journal of Instructional Technology, Volume 5 Nomor 1.

Latif, M. (2018). Analisis Tingkat Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Garut. Universitas Pendidikan Indonesia .

Lestari, S. (2018). Peranan Teknologi Dalam Pendidkan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, No. 2,.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, Volume 108 Nomor 6, 1017–1054.

Nevrita , Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi TPACK Guru Melalui Media Pembelajaran Biologi SMA. Indonesian Journal of Science Education, Volume 8,Nomor 2.

Oktavia, R., & Hardinata, A. (2019). Tinggkat Literasi Digital Siswa Ditinjau dari Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Menengah Atas (SMA) kecamatan Kuala Nagan Raya. Bionatural, Vol VII No 2.

Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Oleh Guru SMK di Banda Aceh Dalam Upaya Impelemtasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 33-41.

Rahim , F. R., Suherman, D. S., & Murtiana. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. jurnal eksakta pendidikan(JEP), Volume 3, Nomor 2.

Rusman, Y. A. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 12, Nomor 1.

Rustaman, Nuryani. (2018). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sahelatua, L., Vitoria, L., & Mislinawati. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media IT dalam Pembelajaran di SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 3 Nomor 2, 131-140.

Sa'adah, S. & Kariadinata, R. (2018). Profil Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi. Bioeduin, 8 (2),

Siregar, Z., & Marpaung, T.B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di Sekolah. Biology Education, Science & Technology Journal, 3 (1) : 61-69.

Sofyan, N. A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Animalia di Kelas X Mas Yapsi Labuhan Deli. Undergraduate thesis, UNIMED.

Sudibyo, D. (2013). Profil Kompetensi Guru Bahasa Inggris dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles