KEBERAGAMAAN PEDAGANG EMAS DI PASAR SENTRA ANTASARI BANJARMASIN

Hafiz Anshari, Mukhyar Sani

Abstract


Para pedagang emas ini mayoritas beragama Islam. Sebagai umat Islam, mereka tentu saja diwajibkan untuk menjalankan perintah agama dan menjauhi segala larangannya. Dalam menjalankan perintah agama mereka (pedagang) tentu saja yang paling utama adalah mendirikan salat dan membayar zakat, karena hal ini merupakan bagian dari rukun Islam yang wajib dilaksanakan. Apabila tidak dilaksanakan akan mendapat dosa, sebaliknya bila dikerjakan akan mendapat pahala. Di samping itu juga mereka diwajibkan dalam berdagang untuk melakukan perdagangan sesuai dengan ajaran hukum Islam, yakni tidak curang, tidak berbohong.

Keberagamaan Pedagang Emas di Pasar Sentra Antasari Banjarmasindi Kecamatan Banjarmasin Tengah ini dibagi menjadi tiga bagian, yakni salat lima waktu, zakat, dan etika pedagang dalam jual beli. Untuk lebih jelasnya akan diuraikan satu persatu sebagai berikut:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberagamaan Pedagang Emas di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, diketahui ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberagamaan pedagang emas di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, yaitu faktor kesadaran beragama pedagang, faktor pendidikan, faktor lingkungan sosial keagamaan, faktor keluarga dan faktor ekonomi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18592/al-hiwar.v1i1.1191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Hafiz Anshari, Mukhyar Sani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.