Mission Expediency to Female Sendro in Bajau Tribe Community at Rampa Village the District Kotabaru Pulau Laut

Authors

  • H. Bakhransyah L. Saththa UIN Antasari

DOI:

https://doi.org/10.18592/alhadharah.v13i26.1711

Keywords:

Sendro wanita, aktivitas dakwah dan masyarakat suku Bajau

Abstract

Khusus bagi masyarakat Bajau yang berdiam di desa Rampa, wilayah Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, adat budaya (traditional culture) melingkupi kehidupan mereka adalah sangat penting dan sangat bernilai bagi kehidupan. Salah satu budaya dari orang-orang suku Bajau ialah mereka masih memperpegangi tinggi peringkatnya masalah “pengobatan tradisional pedesaan” yang ini banyak dibantu oleh ahli pengobatan tradisional, dalam bahasa Bajau dinamakan “SENDRO”. Sebagian diantaranya ada “Sendro Wanita” yang terbiasa menggunakan bahan obat-obatan, sesuai dengan syari’at agama Islam dalam hal bahan-bahan yang dipergunakan ada yang dikategorikan “Najis” dan bahan-bahan itu tidak layak (tidak baik) dipergunakan dan begitu juga “Sendro” mau menerima dan memakainya, dan dia mendapat kekuatan bathin dari pertolongan Tuhan dan roh-roh yang terdahulu. Dengan demikian, bimbingan pengobatannya mengarah pada animisme dan dinamisme. Untuk masalah ini, hal yang benar yang diperlukan ialah pencapaian aktivitas yang baik menurut agama dan diupayakan jalan keluarnya dalam Islam, yaitu mengaktifkan kembali pemahaman tentang Islam dan mencarikan jalan keluar yang hubungannya dengan keyakinan lama (kuno) dalam hal sektor pengobatan, sehingga tidak keluar dari koridor dan prinsip-prinsip kebenaran ajaran agama Islam yang hak dan diridhoi oleh Allah azza wajalla.

Author Biography

H. Bakhransyah L. Saththa, UIN Antasari

Dakwah dan Komunikasi

References

Abdullah Suwaydi, 1992. Document of the Right Word, Istanbul (Turky) : Hakekat Kitabevi, Waqf Ikhlas Publication. Arif, Muhammad, 1986. Hukum Warisan dalam Islam, Jakarta : AlMa’arif. Azis al-Azmeh, 1996. Islam and Modernities, New York (USA) : Verso. F.A. Klein, 1978. Religion of Islam, New Delhi (India) : Cosmo Publications. Honig, Jr, 1963. Ilmu Agama, Jakarta : Badan Penerbit Kristen (BPK). Jackson, Winston, 1995. Methods Doing Social Research, Ontario : Prentice Hall Canada Inc. Scarbrough. Kartodipuro, Sarwoto, 1963. Kaharingan, Religi dan Penghidupan di Pehuluan Kalimantan, Jakarta : PT. Sumur Koentjaraningrat, 1993. Masyarakat Terasing di Indonesia, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. ---------, 1985. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia, Jakarta : Djambatan. Moloeng, Lexy. J. 2001. Metodologi bagi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Noor, M. Arifin. 1997. Ilmu Sosial Dasar, Bandung : Pustaka Setia Notowidogdo, Rohiman. 1996. Ilmu Budaya Dasar Berdasarkan AlQur’an dan Hadits, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Pramuditya, Endang. 1997. Pengobatan Alternatif, Pijat, Urut dan Obat Tradisional, Surabaya : Terbit Terang. Rahimsyah, MB. 1995. Aneka Resep Obat Kuno, Surabaya : Bintang Usaha Jaya. Riwut, Tjilik. 1956. Kalimantan Memanggil, Jakarta : NV. Pustaka. Syed Ameer Ali. 1978. The Spirit of Islam, New Delhi (India) : Idarah Adabiyatul Ukur, Fridolin. 1966. Tuaiannya Sungguh Banyak. Jakarta : Badan Penerbit Kristen (BPK)

Downloads

Published

2017-11-02

How to Cite

L. Saththa, H. B. (2017). Mission Expediency to Female Sendro in Bajau Tribe Community at Rampa Village the District Kotabaru Pulau Laut. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 13(26), 45–54. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v13i26.1711

Issue

Section

Articles