Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

 Versi PDF Pedoman Penulisan dapat diunduh di sini (download)

 

PETUNJUK UMUM PENULISAN NASKAH

  1. Naskah belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses pengajuan untuk publikasi ke media lain dan tidak mengandung unsur plagiat dengan dilampiri pernyataan tertulis dari penulis.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan kerapatan baris 1.08 spasi, font Myriad Pro 10, ukuran kertas 156 mm x 234 mm, margin atas 1,35 cm., bawah 0.48 cm., kiri 1.9 cm., dan kanan 1.9 cm.
  3. Panjang naskah minimal 4000 kata dan maksimal 7000 kata  sudah termasuk gambar, grafik/ tabel (jika ada) dan daftar pustaka yang menyertainya.
  4. Naskah harus disertai dengan abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan kata kunci antara 3-5 kata.
  5. Sistem transliterasi Arab-Latin sesuai Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Pendidikan Indonesia Januari 22, 1988
  6. Naskah yang diserahkan dalam bentuk format OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect;
  7. Sitasi dan biliografi ditulis mengikuti Chicago Manual of Style 17th edition (author-date).
  8. Naskah dikirim melalui online submission  (klik daftar/register).
  9. Semua Naskah yang masuk ke redaksi akan melalui proses blind review oleh mitra bebestari setelah review oleh redaksi. Naskah yang dimuat akan disunting kembali oleh redaksi tanpa mengubah substansi isi.

 

STRUKTUR NASKAH

Judul

Judul hendaknya ringkas, efektif dan informatif, dengan jumlah maksimal 12 kata, termasuk kata penghubung.  

Identitas Penulis

Naskah disertai dengan identitas penulis yang meliputi: Nama penulis tanpa gelar, afiliasi kelembagaan penulis, alamat lembaga, dan e-mail . Afiliasi kelembagaan mahasiswa mengikuti tempat dimana yang bersangkutan belajar. Nama penulis dan urutan penulis (bila lebih dari satu penulis) harus sudah disepakati semua penulis, biasanya berdasarkan besarnya kontribusi dan partisipasi dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan laporan, dan semua penulis bertanggung jawab atas isi naskah.

Abstrak

Abstrak ditulis secara ringkas dan faktual, meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan simpulan. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia (dua bahasa), panjang abstrak berkisar antara 150 - 200 kata.

Kata Kunci

Kata kunci terdiri atas 3 – 5 kata dan/atau kelompok kata. Kata-kata diketik tegak, sesuai urutan abjad, antara kata kunci dipisahkan oleh titik koma (;)

Pendahuluan

Kembangkan latar belakang naskah anda dan posisi penelitian anda saat ini di antara penelitian lain tentang tema terkait. Anda harus mendiskusikan juga hubungan penelitian anda dengan penelitian lain; kajian literatur, terutama pada karya-karya akademis baru yang paling relevan yang diterbitkan dalam jurnal-jurnal bereputasi tinggi, adalah suatu keharusan. Dengan kata lain, cobalah menjawab setidaknya dua pertanyaan: (1) mengapa anda yakin bahwa pertanyaan penelitian anda begitu penting untuk dijawab; dan (2) bagaimana peneliti lain telah atau belum menjawab, atau bagaimana menurut anda jawaban/temuan anda akan menjadi kontribusi bagi kecendikiawanan yang ada pada subjek tersebut.

Metode Penelitian

Pada dasarnya bagian ini menjelaskan bagaimana penelitian itu dilakukan, yang meliputi (1) masalah yang diteliti; (2) sasaran penelitian; (3) teknik pengumpulan data; (4) dan teknik analisis data.

Hasil Penelitian dan Pembahasan

Bagian ini merupakan bagian utama dari hasil penelitian dan biasanya merupakan bagian terpanjang dari suatu naskah artikel. Hasil penelitian yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “bersih”. Proses analisis data seperti perhitungan statistik dan proses pengujian hipotesis tidak perlu disajikan. Hanya hasil analisis dan hasil pengujian hipotesis saja yang perlu dilaporkan. Untuk penelitian kualitatif, bagian hasil memuat bagian-bagian rinci dalam bentuk sub topik-sub topik yang berkaitan langsung dengan fokus penelitian dan kategori. Pembahasan dalam artikel bertujuan untuk: (1) menjawab rumusan masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian; (2) menunjukkan bagaimana temuan-temuan itu diperoleh; (3) menginterpretasi/menafsirkan temuan-temuan; (4) mengaitkan hasil temuan penelitian dengan struktur pengetahuan yang telah mapan; dan (5) memunculkan teori-teori baru atau modifikasi teori yang telah ada.  Dalam menjawab rumusan masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian, hasil penelitian harus disimpulkan secara eksplisit. Penafsiran terhadap temuan dilakukan dengan menggunakan logika dan teori-teori yang ada. Temuan di lapangan diintegrasikan/ dikaitkan dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya atau dengan teori yang sudah ada. Untuk keperluan ini harus ada rujukan. Adapun tipe rujukan yang digunakan adalah Chicago Manual Style 17th edition (author-date). Untuk konsistensi rujukan silahkan menggunakan Reference Manager Applications seperti Zotero atau Mendeley. Dalam memunculkan teori-teori baru, teori-teori lama bisa dikonfirmasi atau ditolak, sebagian mungkin perlu memodifikasi teori dari teori lama.

Simpulan

Simpulan menyajikan ringkasan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan, mengacu pada tujuan penelitian. Berdasarkan kedua hal tersebut dikembangkan pokok-pokok pikiran baru yang merupakan esensi dari temuan peneliti.

Ucapan Terima Kasih

Bila ada, berikan ucapan terimakasih kepada lembaga pemberi dana, dan atau individu yang telah membantu dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan naskah.

Referensi

Literatur yang dicantumkan dalam daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk atau dikutip dalam naskah. Sumber rujukan hendaknya merujuk naskah  karya-karya akademis baru yang paling relevan yang diterbitkan dalam jurnal-jurnal bereputasi tinggi. Teknik penulisan daftar pustaka, menggunakan sistem sitasi Chicago Manual of Style 17th edition (author-date). Selengkapnya bisa dilihat pada contoh penulisan referensi.

 

KETENTUAN TEKNIS PENULISAN NASKAH

  1. Pengutipan rujukan dalam pembahasan hendaknya tidak terlalu panjang.
  2. Kutipan langsung kurang dari 40 kata ditulis tegak (kecuali bahasa asing) di antara tanda kutip lengkap bersatu dalam alinea.
  3. Kutipan langsung terdiri dari 40 kata atau lebih ditulis dalam alinea tersendiri ditulis tegak tanpa tanda kutip. Posisi penulisan diberi indent lurus dengan baris awal alinea.
  4. Kutipan tidak langsung yaitu pengutipan sebuah teks yang disarikan dan dituliskan dalam kalimat sendiri, ditulis sebagai bagian dari alinea tanpa tanda kutip/tanda
  5. Pengutipan hasil penelitian atau pendapat orang lain, sebaiknya menggunakan kutipan tidak langsung (menggunakan kalimat sendiri, bukan kalimat yang persis sama).
  6. Kutipan ayat Alquran dan Hadis dituliskan dengan huruf Arab sesuai teks aslinya, termasuk tanda-tanda bacanya, dengan menggunakan Font Traditional Arabic 16 cetak tebal. Ayat Alquran ditulis lengkap nomor surah serta nomor ayat, sedangkan Hadis ditulis lengkap sanad dan rawinya serta dilengkapi dengan daftar pustaka yang berisi: Nama kitab, jilid, bab, nomor hadis dan halaman.
  7. Khusus pengutipan ayat Alquran yang tidak lengkap dalam satu ayat, diberi tanda titik tiga buah sebelum atau sesudahnya.
  8. Anotasi (keterangan pendek) ditulis di antara dua kurung besar [ …] langsung setelah ungkapan atau kalimat yang diberi anotasi. Anotasi yang melebihi satu baris ditulis sebagai catatan kaki.
  9. Kutipan dari ayat-ayat Alquran tidak diperlukan sitasi karena nomor surah serta nomor ayat telah dituliskan dalam ayat yang dikutip.

 

CONTOH SITASI DAN REFERENSI

Sitasi

(Hisakata, Nishida, and Johnston 2016; Musk 2006; Hogue 2001; Sambrook and Russell 2001)

Referensi

Hisakata, Rumi, Shin’ya Nishida, and Alan Johnston. 2016. “An Adaptable Metric Shapes Perceptual Space.” Current Biology 26 (14): 1911–15. https://doi.org/10.1016/j.cub.2016.05.047.

Hogue, Christopher W. V. 2001. “Structure Databases.” In Bioinformatics, edited by Andreas D. Baxevanis and B. F. Francis Ouellette, 2nd ed., 83–109. Life Sciences Series. New York, NY: Wiley-Interscience.

Musk, Elon. 2006. “The Secret Tesla Motors Master Plan (Just between You and Me).” Tesla Blog. August 2, 2006. https://www.tesla.com/blog/secret-tesla-motors-master-plan-just-between-you-and-me.

Sambrook, Joe, and David William Russell. 2001. Molecular Cloning: A Laboratory Manual. 3rd ed. Cold Spring Harbor, NY: CSHL Press. 


CATATAN:

 

  1. Diwajibkan menggunakan aplikasi pengelola referensi seperti ZoteroMendeley.
  2. Untuk memasang gaya Chicago Manual of Style 17th edition (author-date) menggunakan Zotero atau Mendeley, silahkan unduh di sini (download).
  3. Template artikel dapat diunduh di sini (download).
  4. Versi PDF Petunjuk Penulisan Naskah dapat diunduh di sini (download).
  5. Pedoman trasliterasi Arab-Latin tersedia di sini (download).

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses pengajuan untuk publikasi ke media lain dan tidak mengandung unsur plagiat dengan dilampiri pernyataan tertulis dari penulis.

  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan kerapatan baris 1.08 spasi, font Myriad Pro 10, ukuran kertas 156 mm x 234 mm, margin atas 1,35 cm., bawah 0.48 cm., kiri 1.9 cm., dan kanan 1.9 cm.

  3. Panjang Naskah minimal 4000 kata dan maksimal 7000 kata sudah termasuk gambar, grafik/ tabel (jika ada) dan daftar pustaka yang menyertainya.

  4. Naskah harus disertai dengan abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

     

 

Copyright Notice

Penulis yang menerbitkan karyanya di jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

  1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International Public License (CC BY-NC 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara daring (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan Lihat The Effect of Open Access).

----------

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

 

a.     Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International Public License (CC BY-NC 4.0) that allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator.

b.     Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

c.     Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

 

 

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.