KONSEP ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DALAM MENGHADAPI COBAAN: DITINJAU DARI PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIS

Authors

  • Mahmudah Mahmudah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Fatimah Zuhriah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i1.4781

Abstract

ABSTRACTIslam makes the Al-Qur'an and Hadith as guidelines and instructions in living the life of every human being. Allah will always test His servants both in happiness and in difficulty. Lack of attention to psychological aspects makes many individuals wrong in taking action when faced with difficulties. Dr. Paul G. Stoltz initiated the adversity quotient, this field is a scientific tool for improving individual responses in the face of adversity. This concept is relevant and applicable today, because IQ, EQ and SQ alone are still not sufficient to achieve life success. Based on this, the purpose of this study is to determine the concept of adversity quotient in facing trials from the perspective of Al-Qur'an and Hadith. The method used is literature study. In this study, data sources were obtained from relevant literature such as books, journals, or scientific articles related to the selected topic. The results showed that the concept of adversity quotient in facing trials when viewed from the perspective of the Al-Qur'an Hadith has relevance to the elements contained in patient attitude. The conclusion of this research is that the concept of adversity quotient in the view of Islam is a person who is able to be patient and optimistic and never give up in facing every trial.KEYWORDS: Adversity Quotient; Life's Problems; Al-Qur'an; Hadith. ABSTRAKIslam menjadikan Al-Qur'an dan Hadist sebagai pedoman dan petunjuk dalam menjalani kehidupan setiap manusia. Allah akan selalu menguji hamba-Nya baik dalam suka maupun duka. Kurangnya perhatian terhadap aspek psikologis membuat banyak individu salah dalam mengambil tindakan ketika menghadapi kesulitan. Dr. Paul G. Stoltz memprakarsai adversity quotient, dimana bidang ini merupakan alat ilmiah untuk meningkatkan respons individu dalam menghadapi kesulitan. Konsep ini relevan dan dapat diterapkan saat ini, karena IQ, EQ dan SQ saja masih belum cukup untuk mencapai kesuksesan hidup. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep adversity quotient dalam menghadapi cobaan dari perspektif Al-Qur'an dan Hadist. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan. Dalam penelitian ini, sumber data diperoleh dari literatur yang relevan seperti buku, jurnal, atau artikel ilmiah yang berkaitan dengan topik yang dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep adversity quotient dalam menghadapi cobaan jika dilihat dari perspektif Al-Qur'an dan Hadits memiliki relevansi dengan unsur-unsur yang terkandung dalam sikap sabar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konsep adversity quotient dalam pandangan Islam adalah orang yang mampu bersabar dan optimis serta pantang menyerah dalam menghadapi setiap cobaan.KATA KUNCI: Adversity Quotient; Cobaan; Al-Qur'an; Hadist.

References

Alamsya, Fairuzatul H., dkk., 2018. Kontrol Diri pada Individu yang Orang Tuanya Bercerai Ditinjau dari pemaafan dan Religiusitas. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6 (2): 142-152.

Almu’tasim, Amru. 2019. Analisis Kecerdasan Emosional Anak Pengendalian Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan dan Keislaman. 8 (1): 61-76.

Amaliya, Niila Khoiru. 2017. Adversity Quotient dalam Al-Qur’an. Jurnal Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan. 12 (2): 227-254.

Arrif, Abdillah, Inspirasi Kehidupan Kegagalan Hanya Sukses yang Tertunda, Surabaya: UBA Press.

Hadi, Sopyan. 2018. Konsep Sabar dalam Al-Qur’an. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora. 1 (2): 473-488.

Imam As-Suyuti, Asbabun Nuzul, Penerjemah: Muh. Miftahul Huda, Solo: Insan Kamil, 2016.

Jalaluddin, Psikologi Agama, Depok: RajaGrafindo Persada, 2019.

Jauhari, Imam. 2011. Kesehatan dalam Pandangan Islam. Kanun Jurnal Ilmu Hukum. 13 (3): 33-57.

Misbach, Ifa Hanifah, “Antara IQ, EQ, dan SQ”, Makalah Penelitian Nasional Guru se-Indonesia Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indoneisa, Desember 2008.

Mujib, Abdul. 2015. Implementasi Psiko-Spiritual dalam Pendidikan Islam. Jurnal Madania. 19 (2): 195-204.

Permatasari, Vera dan Witrin Gamayanti, 2016. Gambaran Penerimaan Diri (Self-Acceptance), pada Orang yang Mengalami Skizofrenia. Jurnal Ilmiah Psikologi. 3 (1): 139-152.

Prawitasari, Johana E. “Psikoneuroimunologi: Penelitian antar Disiplin Psikologi, Neurologi, dan Imunologi”, Buletin Psikologi, Desember 1997.

Rahmawati, Theresa Aprilia, “Studi Deskriptif Mengenai Adversity Quotient pada Siswa Kelas XI”, Skripsi; Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2007.

Rajab, Khairunnas. 2008. Psikoterapi Sufistik: Tela’ah Dimensi Psikologi dan Kesehatan Mental dalam Sufisme. Jurnal Ta’dib. 11 (2): 103-115.

Ramadhanu, Mardha dan Cahyaning Suryaningrum. 2014. Adversity Quotient ditinjau dari Orientasi Locus of Control pada Individu Difabel. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. 2 (1): 152-167.

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Misbah Volume 01, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Stoltz, Paul G., Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang, Penerjemah: T. Hermaya, Jakarta: Grasindo, 2005.

Syarbini, Amirulloh, Kunci Rahasia Meraih Sukses Menurut Al-Qur’an, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.

Weber, Robert Philip, (ed.), Basic Content Analysis, California: SAGE Publications, 1990.

Worldometer. 2021. Health. worldometers.info, diakses pada 5 Maret 2021 pukul 12: 52 WITA.

Yahya, Muhyiddin bin Syaraf Nawawi, Al-‘Arbain An-Nawawiyah, Penerjemah: Abdullah Haidhir, Maktab Dakwah dan Bimbingan Jaliyat Rabwah, 2010.

Yusuf, M. dkk., 2018. Sabar dalam Perspektif Islam dan Barat. Jurnal al-Murabbi. 4 (2): 233-246.

Zed, Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Downloads

Published

2021-06-17

How to Cite

Mahmudah, M., & Zuhriah, F. (2021). KONSEP ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DALAM MENGHADAPI COBAAN: DITINJAU DARI PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIS. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 11(1), 13–29. https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i1.4781

Issue

Section

Articles