TAUHID, AKHLAK, DAN MANUSIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • M. Noor Fuady

DOI:

https://doi.org/10.18592/jtipai.v6i1.1806

Abstract

Fitrah yang bersifat potensial tersebut harus dikembangkan secara faktual dan aktual. Untuk melakukan upaya tersebut, Islam memberikan prinsip-prinsip dasarnya berupa nilai-nilai Islami sehingga pertumbuhan potensi manusia terbimbing dan terarah. Manusia merupakan elemen utama dalam pendidikan. Karena hanya manusia yang harus dan dapat dididik serta harus dan dapat mendidik, tanpa pendidikan perkembangan manusia tidak dapat berjalan secara optimal. Pendidikan Islam berfungsi membimbing dan mengarahkan manusia agar mampu mengemban amanah dari Allah, yaitu menjalankan hidupnya dimuka bumi bagi sebagai ‘abd Allah maupun sebagai khalifah Allah. Kedua misi manusia tersebut, baik sebagai ‘abd Allah maupun khalifah Allah, merupakan perjanjian primordial antara manusia dan Allah. Untuk mengemban misi tersebut, manusia dibekali alat-alat potensial, sehingga manusia dapat mengetahui, memahami dan menjalankan tugas tersebut. Namun manusia mudah jatuh dan tergelincir sehingga melupakan misi yang harus diembannya. Kunci kunci: tauhid, akhlak, manusia, pendidikan, Islam

References

Adz-Dzakiey, Hamdani Bakran. Prophetic Intelligence; Kecerdasan Kenabian Mengembangkan Potensi Rabbani Melalui Peningkatan Kesehatan Ruhani. Cetakan Keempat. (Yogyakarta: Al-Manar. 2008).

Ashraf, Ali Horison baru pendidikan Islam, terj. Sori Siregar, (Pustaka Firdaus, 1996)

Asmaran As. Pengantar Studi Akhlak.( Jakarta: Raja Grafindo Persada: 1994)

Badaruddin Ibn Jama’ah, Tadzkirat al-Sami’ wa al-Mutakallim fi Adab al-Alim wa al-Muta’allim, (Daar Al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1354 H)

Buseri, Kamrani Epistemologi Islam Dan Reformasi Wawasan Pendidikan, Tulisan ini telah disampaikan pada Seminar Internasional ”Islamic Epistemology in Higher Education”, diselengarakan atas kerjasama IAIN Antasari Banjarmasin dengan International Institute of Islamic Thought (IIIT) Kuala Lumpur-Malaysia, Tanggal 12 Mei 2012 di Banjarmasin.

Daradjat, Zakiah, dkk, 2009. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara)

Darrâz, Muhammad Abdullah Dustûr al-Akhlâq fî al-Qur’ân, (Beirut: Muassasâh al-Risâlah, 1973).

Daud, Wan Mohd Nor Wan Filsafat dan Praktek Pendidikan Islam Syed M. Naquib al Attas, terj. Hamid Fahmi dkk., (Bandung: Mizan, 2003)

Djumberansyah, M. Filsafat Pendidikan, (Surabaya: Karya Abditama, 1994)

Harby, Khalid Said bin Ahmad Al- Usus al-Jaudah at-Ta’limiyyah fii I’dad wa tadrib al-Mu’allimmin mandzur al-Islamy, Tesis Magister pada Umm al-Qura University; tidak diterbitkan.

Ilyas, Yunahar Kuliah Akhlak, (Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI), 2005)

Jalaluddin, Filsafat Pendidikan Islam:Telaah sejarah dan pemikirannya, (Jakarta: Kalam Mulia, 2011)

Juwairiyah, Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an, (Yogyakarta: Teras, 2010).

Khairuddin. Eddy, Konsep Fitrah Dan Pengembangannya, makalah disampaikan pada seminar kelas Program Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin 2014

Langgulung, Hasan Asas-Asas Pendidikan Islam,(Jakarta: Pustaka al-Husna, 1992)

Ma'arif, A. Syafi'i Pemikiran Tentang Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, dalam Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, ed. Muslih Usa (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991)

Muhaimin et.al., Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 2004)

Mujib, Abdul Fitrah dan Kepribadian Islam: Sebuah Pendekatan Psikologis.(Jakarta: Darul Falah. 1999).

Musthafa, Ibrahim dkk, Mu’jam Al-Wasith, (Kairo: Dar ad-Da’wah. Jilid. 2)

Nahlawy, Abdurrahman al- Yusuf bin Abdil Barr Al-Qurthuby (Damaskus: Dar el-Fikr, 1986)

Qardhawi, Yusuf Al- Aql wal-Ilm fil-Qur‟an al-Karim, (Kairo: Maktabah Wahbah, 1996)

Rifani, Wahyudi Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Jamaah Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Indonesia, makalah disampaikan pada seminar kelas Program Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin 2014

Rodiah, dkk, Studi Qur’an: Metode dan konsep. (Yogyakarta: eLSAQ Press, 2010)

Saha, M. Ishom El- dan Saiful Hadi, Sketsa Al-Qur’an: Tempat, Tokoh, Nama dan Istilah dalam al-Qur’an, (Jakarta: Lista Fariska Putra, 2005)

Shihab, M. Quraish Membumikan AlQur’an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, cet.xxx (bandung: Mizan, 2007)

Shihab, Quraish Wawasan Al-Quran, Tafsir Maudhu‟i atas Pelbagai Persoalan Umat, Cet. III. (Bandung: Mizan, 1996)

Samsul Nizar, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam (Jakarta: Media Pratama, 2001)

Suriasumantri, Jujun S. “Tentang Hakekat Ilmu: Sebuah Pengantar Redaksi”, dalam Jujun S. Suriasumantri (ed), Ilmu Dalam Perspektif: Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006)

Susanto, A. Filsafat Ilmu: Suatu Kajian Dalam Dimensi Ontologis, Epistimologis, dan Aksiologis, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Syafi’i, Abu Abdillah Muhammad bin Idris Asy- Diwan al-Imam Asy-Syafii, (Beirut: Dar Al-Arqam bin Abi al-Arqam).

Tauhid, Abu dan Mangun Budianto, Beberapa Aspek Pendidikan Islam, (yogyakarta : Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga, 1990)

Yasin, A. Fatah Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, (Malang: UIN Malang Press, 2008)

Zayadi, Ahmad Manusia dan Pendidikan dalam Perspektif al-Quran. (Bandung: PSPM, 2004)

Downloads

Published

2016-01-01

How to Cite

Fuady, M. N. (2016). TAUHID, AKHLAK, DAN MANUSIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 6(1). https://doi.org/10.18592/jtipai.v6i1.1806

Issue

Section

Articles