PERILAKU SIMBOLIS SANTRI DALAM PRAKTIK A , KEAGAMAAN DI PESANTREN DARUT TAUHID BANDUNG

Authors

  • Armiah Armiah Dosen Tetap Fakultas Dakwah IAIN Antasari Banjarmasin, Menyelesaikan Magister Sains Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung, Bidang Kajian Utama Komunikasi, 2004.

DOI:

https://doi.org/10.18592/khazanah.v3i1.3156

Keywords:

Simbol, perilaku simbolis, santri, manajemen qalbu

Abstract

Lewat interaksionisme simbolik, manusia sating mempertukarkan simbol dalam interaksi. Hal ini terlihat pula pada santri akhwat di Pesantren Darut Tauhid Bandung. Pemakaian simbol santri seperti jilbab, gamis dan surban menarik dikaji lewat pendekatan komunikasi. Hasil penelitian menemukan simbol verbal dan nonverbal seperti slogan-slogan dan ekspresi nonverbal dalam perilaku sopan-santun, berpakaian, kebersamaan, kebersihan, dan muhasabah yang mengacu pada konsep Manajemen Qalbu (MQ). Penelitian ini menemukan pula tiga kategori perilaku beragama santri di pesantren KH. Abdullah Gymnastiar ini yakni, kesalehan individual, kesalehan sosial, dan perilaku MQ

References

DeVito. Human Communication, alih bahasa Agus Maulana, Komunikasi Antar Manusia, Jakarta, Professional Books, I 997.

Hernowo. Aa Gym dan Fenomena Ddrur Tauhfd, Bandung, Mizan, 2003.

Knapp & Tubbs. Shared Experience in Human Communications, New Yersey, Rachele Park, I 978, terj. Alo Liliweri, Komunikasi Verbal dan Nonverbal, Bandung, Citra Aditya Bakti, I 994.

Kompas. Para Dai Spesialis di Pasar "Acakadut". Retrieved Desember 29. 2003 from the World Wide Web : http://wwwKompas.com/ berita utama(Agus Toto WI/html.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung, Remaja Rosdakarya, 200 I.

-------Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya, 200 I.

Noeng, Muhadjir. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi N, Yogyakarta, Rake Sarasin, 2000.

Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2003. Soeprato, Riyadi. Interaksionisme Simbolik, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2002.

Sukardi, Imam. Dkk. Pilar Islam Bagi Pluralisme Modern, Solo, Tiga Serangkai, 2003.

Tempo. Penelitian tentang Islam dan Demokrasi, Jakarta, PPIM IAIN Syarif Hidayatullah, Edisi 30 Desember 2001.

How to Cite

Armiah, A. (2019). PERILAKU SIMBOLIS SANTRI DALAM PRAKTIK A , KEAGAMAAN DI PESANTREN DARUT TAUHID BANDUNG. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 3(1), 18–36. https://doi.org/10.18592/khazanah.v3i1.3156

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)