UPAYA ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI ANAK SEJAK USIA DINI UNTUK MENGHAFAL AL-QUR’AN PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM

Authors

  • Muhamad Nur Lutfi Ainul Izzi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Ismatul Maula Ramadhani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Agus Santoso Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nasikhul Amin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ikhwan Saifuddin Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.18592/jea.v8i1.6569

Keywords:

Orangtua, Motivasi, Menghafal al-Qur’an, Usia Dini, Psikologi Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam menumbuhkan motivasi anak sejak usia dini untuk menghafal al-Qur’an sesuai dengan pandangan psikologi Islam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah para orang tua dari anak-anak yang aktif sebagai member dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan lomba tahfiz anak yang diselenggarakan oleh kegiatan organizer House of Golden Kids (Hogis) Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik yang digunakan dalam analisis data yang dilakukan sejak proses pengumpulan data berlangsung dengan menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan analisis. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang telah dilakukan oleh orang tua sehingga dapat menumbuhkan motivasi anak dalam menghafal al-Qur’an diantaranya adalah dengan memberikan fasilitas yang dapat menunjang proses hafalan, menggunakan metode dan media yang menarik dan membuat anak penasaran dan lain sebagainya sehingga upaya tersebut di atas berhasil diterapkan dan anak-anak semakin termotivasi untuk terus menghafal al-Qur’an.

Author Biographies

Muhamad Nur Lutfi Ainul Izzi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Muhamad Nur Lutfi Ainul Izzi adalah mahasiswa pada program studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismatul Maula Ramadhani, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismatul Maula Ramadhani adalah mahasiswi pada program studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agus Santoso, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agus Santoso adalah dosen pada program studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasikhul Amin, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad Fatih Billah adalah mahasiswa pada program studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ikhwan Saifuddin, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Ikhwan Saifuddin adalah mahasiswa pada program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

References

Ainia, Wuri. et.al. (2021). Analisis Metode Menghafal Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di Tahfidzul Anak Usia Dini (TAUD SaQu) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 21-35.

Ayun, Qurrotu. (2016). Pendidikan dan Pengasuhan Keluarga dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Perspektif Psikologi Perkembangan Islam. Attarbiyah, Vol. 26.

Bina, Ahda. (2013). Jurus Jitu Agar Anak Rajin Shalat, Cepat Hafal al-Qur’an dan Berbakti Kepada Orang tua. Surakarta: Ahad Books.

Griya al-Qur’an. (2019). Indonesia Berpotensi Menjadi Negara Penghafal Al-Qur’an”, https://griyaalquran.id/indonesia-berpotensi menjadi-negara-penghafal-alquran/.

Herma, Tendri, et.al. (2020). Analisis Penerapan Metode Tabarak Menghafal Al-Qur’an Juz 30 di Sekolah Tahfidz Al-Husna Balita dan Anak Makassar. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 37-48.

Hidayat, Bahril dkk. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Psikologi Islami. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 29-38.

Irsyad, Mohammad dan Nurul Qomariah. (2017). Strategi Menghafal Al-Qur’an Sejak Usia Dini. ejournal.uinsuka.ac.id, 2, 135-148.

Islamiah, Fajriyatul et.al. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 3(1), 30-38.

Jannah, Izzatul dan Irfan Hidayatullah. (2010) Sepuluh Bersaudara Bintang al-Qur’an. Bandung: Sigma Publishing.

Julianto, Teguh Arafah. (2020). Metode Menghafal dan Memahami al-Qur’an bagi Anak Usia Dini Melalui Gerakan Isyarat ACQ. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 71-84.

Khairunnisa, Dhiya Hana. (2018). Peran Orang tua dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di SDIT Al-Muhsin Kecamatan Metro Selatan Kota Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi-IAIN Metro Lampung.

Latifah, Nur. (2021). Pembelajaran Al-Qur’an pada Program Tahfidz Balita dan Anak Usia Dini. Journal of Instructional and Development Researches (JIDeR), 1(1), 41-47.

Lubis, Awwaliyah Mursyida & Syahrul Ismet. (2019). Metode Menghafal Alquran pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz Kota Padang. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(2).

Maskur, Abu. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alqur’an pada Anak Usia Dini. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 188-198.

Masyhud, Fathin dan Ida Husnur Rahmawati. (2016). Rahasia Sukses 3 Hafizh Qur’an Cilik Mengguncang Dunia. Jakarta: Zikrul Hakim.

Nur, Izzah. (2017). Peran Orang tua dalam Menghafal Alquran terhadap Anak Usia Dini di Tahfidz Miftahul Ihsan Banjarmasin. Skripsi-UIN Antasari Banjarmasin.

Riyadh, Saad. (2008). Ingin Anak Anda Cinta al-Qur’an?. Solo: Aqwam.

Royani, Ririn. (2020). Peran Orang tua dalam Memotivasi Anak Menghafal Al-Qur’an di Rumah di Desa Simbur Naik Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Skripsi-UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sari, Maulida. (2021). Peran Orang tua dalam Memotivasi Anak Untuk Mengikuti Pendidikan Tahfiz al-Qur’an. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(2), 335-346.

Sayangi Anak, (2016). “Orang tua Harus Kompak dalam Mendidik Anak, Mendidik Anak Bukan Hanya Tanggung Jawab Ibu atau Ayah Saja, Melainkan Keduanya”, Sayangianak.com, https://sayangianak.com/Orang tua-harus-kompak-dalam-mendidik-anak-mendidik-anak-bukan-hanya-tanggung-jawab-ibu-atau-ayah-saja-melainkan-keduanya/, diakses pada 20 Juni 2021.

Syaifi, Mat. (2018). Peranan Orang tua dalam Memotivasi Anak untuk Menghafal al-Qur’an di TPQ Nurul Jadid Pajaran. TARBAWI: Jurnal Studi Pendidikan Islami, 05(1), 16-25.

Syatina, Haya, et.al. (2021). Peran Orang tua dalam Meningkatkan Hafalan al-Qur’an Anak. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 15-26.

Wahid, Wiwi Alawiyah. (2014). Cara Cepat Menghafal al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press.

Wahidin. (2019). Peran Orang tua dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar”, Jurnal PANCAR, 3, 232-245.

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Ainul Izzi, M. N. L., Ramadhani, I. M., Santoso, A., Amin, N., & Saifuddin, I. (2022). UPAYA ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI ANAK SEJAK USIA DINI UNTUK MENGHAFAL AL-QUR’AN PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(1), 57–84. https://doi.org/10.18592/jea.v8i1.6569

Issue

Section

Articles