Pengaruh Penguasaan Mahasiswa pada Mata Kuliah Prasyarat Terhadap Mata Kuliah Persamaan Diferensial Di Jurusan Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2013/2014

Muhammad Amin Paris, Hasby Assidiqi

Abstract


Persamaan Diferensial adalah mata kuliah yang tersaji pada semester genap, yaitu semester IV (empat). Mata kuliah ini dapat diprogramkan jika mata kuliah prasyarat seperti mata kuliah Kalkulus A, Kalkulus B dan Kalkulus Lanjutan sudah terselesaikan.
Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan mahasiswa pada mata kuliah prasyarat terhadap mata kuliah persamaan diferensial di Jurusan PMTK Tahun Akademik 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kalkulus A berpengaruh nyata terhadap kalkulus B, Kalkulus A berpengaruh nyata terhadap kalkulus Lanjutan dan persamaan diferensial, Kalkulus B berpengaruh nyata
terhadap kalkulus Lanjutan dan persamaan diferensial, dan Kalkulus Lanjutan tidak berpengruh nyata terhadap persamaan diferensial.
Kata Kunci: Mata Kuliah Prasyarat, Persamaan Diferensial


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jpm.v1i1.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



INDEXING BY

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2354-9645) by http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.