Pengaruh Penggunaan Media Komputer dengan Memanfaatkan Sofware Presentasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa

Arif Ganda Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan media komputer  dengan pemanfaatan Software Presentasi yaitu Macromedia Flash 8 dan Microsoft Power Point, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap Hasil belajar matematika, dan (3) interaksi antara media komputer dengan pemanfaatan Software Presentasi  dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.

Jenis penelitian adalah penelitian eksperimentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri 1 Martapura kelas VIII semester 2 tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode Lavene’ Statistic untuk uji homogenitas.

Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa yang menggunakan media komputer dengan pemanfaatan Software Presentasi terhadap hasil belajar siswa, dengan Fa = 5,058, (2) terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan     Fb = 3,540, dan (3) Tidak terdapat ada pengaruh interaksi yang signifikan pembelajaran yang menggunakan media komputer dengan pemanfaatan Software Presentasi dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, dengan Fab = 0,233.

Keywords


media komputer; software presentasi; hasil belajar; aktivitas belajar

References


Ardiyanti, Anisa Aji. 2008. Perancangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Denan Pendekatan Kontekstual Pada Pokok Bahasan Aljabar : Skripsi, UMS Tidak Diterbitkan.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Budiyono. 2000. Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Hadi Sutopo, Ariesto. 2002. Animasi dengan Macromedia Flash Berikut Action Script. Jakarta : Salemba Infotek.

Hapsari, Yunita Dwi. 2008. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Gambar Dengan Bantuan Power Point Ditinjau dari aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP NEGERI I MIRI SRAGEN. Skripsi, UMS Tidak Diterbitkan.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jayanti, Risma. 2007. Perancangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Di Sekolah Menengah Atas Pada Pokok Bahasan Logaritma. Skripsi, UMS Tidak Diterbitkan.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata, Nana S. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jpm.v5i2.1773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY