MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VII - C SOAL CERITA METEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN BAHAN MANIPULATIF SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SMPLB KERATON MARTAPURA KABUPATEN BANJAR

Authors

  • Sugi Yana

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v2i1.1168

Keywords:

soal cerita matematika dan bahan manipulative.

Abstract

Meski matematika dipandang sulit, namun semua orang harus mempelajarinya karena merupakan sarana untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari, Pembelajaran soal cerita (word/story problem) dalam matematika dapat digunakan sebagai wahana untuk melatih Siswa Tunagrahita Ringan dalam menyelesaikan masalah. Namun berdasarkan pengamatan siswa Kelas VII - C di SMPLB Keraton  Martapura masih kesulitan dalam mempelajari soal cerita. Penggunaan metode dan media ajar yang sesuai tahap perkembangan kejiwaan dan penggunaan media belajar konkret, dapat mengatasi kesulitan dalam mengerjakan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran soal cerita matematika dengan menggunakan bahan manipulatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII - C di SMPLB Keraton  Martapura yang berjumlah 8 orang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Jenis data yang disajikan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa nilai efektivitas guru mengajar, dan aktivitas siswa belajar. Analisis hasil tes digunakan indikator ketuntasan belajar berupa nilai KKM Matematika Kelas VII - C di SMPLB Keraton  Martapura 6,60  sebanyak 80 % dari keseluruhan siswa.Hasil penelitian dilihat dari rata-rata kelas tes hasil belajar yang diperoleh siswa  pada masing-masing pertemuan yakni pertemuan 1=60.45, pertemuan 2= 68.41, pertemuan 3 = 69.31,  pertemuan 4 = 69.78, dan pertemuan 5 = 73.4 yang berada di atas nilai rata-rata ketuntasan pembelajaran Matematika yakni 70,0.

References

Aisyah Nyimas, 2007. Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika. Depdiknas. Dirjendikti. Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Bandi Delphie, 2007. Pembelajaran Anak Tunagrahita, Suatu Pengantar dalam Pendidikan Inklusi. Cetakan kedua. Refika Aditama

BSNP, 2007. Pedoman Pemilihan Bahan Ajar. Depdiknas, Dirjendikdasmen. Direktorat Pembinaan SMP

Cliffs, 2007. Matematika Dasar dan Pra – Aljabar. Pakar Raya. Bandung.

Ngalim, Purwanto, 2007. Psikologi Pendidikan. Rosdakarya. Jakarta.

Rachmayanie, Ririanti. 2007. Bahan Ajar Perkembangan. Diktat Untuk Kalangan Sendiri. PGSD. FKIP. UNLAM. Banjarmasin.

Suharjo, 2005. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Soal Cerita Metematika SD Melalui Penggunaan Bahan Manipulatif. Jurnal SD, Tahun 14, No 2 November 2005. http://www.ksdpum.web.id/jurnal/ Matematika.pdf. Diakses tgl 5 Januari 2008.

Undang Undang RI. No: 20 Tahun 2003. Tentang Sistim Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas

Yani Ahmad. 2008. Penelitian Tentang Masalah Belajar Yang Di Alami Siswa Kelas VIII SMPN Karang Intan. Skripsi. FKIP Jurusan Bimbingan Konseling UNLAM. Banjarmasin.

Yasin Setiawan, 2008. Terobosan Metode Pengajaran Matematika. http:// www. siaksoft.net. diakses Selasa 3 Pebuari 2009. Raynet. Martapura.

Winardi, 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Unversitas Terbuka

Downloads

Published

2017-04-19

Issue

Section

Articles