MENGUNGKAP ASPEK PEMIKIRAN TEOLOGI DALAM DOKTRIN AKIDAH KAUM SYI’AH

Authors

  • Hadariansyah AB Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari

DOI:

https://doi.org/10.18592/jiu.v9i2.1413

Keywords:

Syi'ah, Pemikiran Teologi, Doktrin Akidah, Imâmah.

Abstract

Nama atau sebutan Syi'ah memang sudah tidak asing bagi kita. Akan tetapitentang aspek pemikiran teologi yang mewarnai doktrin akidah mereka belumbanyak diketahui. Tulisan ini merupakan suatu kajian yang berupaya mengungkapaspek pemikiran teologi yang mewarnai doktrin akidah kaum Syi'ah. Deskripsihasil kajian ini menggambarkan bahwa pemikiran teologi yang paling kuat memberiwarna bagi doktrin akidah kaum Syi'ah yang membuat berbedanya doktrin akidahmereka dari akidah yang dianut umat Islam pada umumnya ialah tentang imâmahdan rukun iman. Imâmah ialah kepemimpinan pengganti Nabi setelah beliau wafatdan kepemimpinan seterusnya. Menurut kaum Syi'ah, imam (pemimpin) umatsetelah Nabi wafat adalah ‘Alî bin Abi Thâlîb dan kemudian dilanjutkan secaraturun-temurun olah keturunannya. Imam-imam itu oleh mereka dianggap sebagaiorang-orang yang ma'shûm, yakni terpelihara dari berbuat dosa atau kesalahan.Bagi mereka kepercayaan terhadap imâmah ini adalah bagian dari akidah. Karenaitu, mereka menjadikan imâmah salah satu rukun iman. Rukun iman bagi merekaterdiri dari Tauhid, Kenabian, Hari Kemudian, dan Imâmah. Dari sini terlihat segiperbedaan doktrin akidah kaum Syi'ah dari ajaran akidah yang dianut umat Islampada umumnya.

References

Baghdâdi, ‘Abd al-Qâhir, (t.th). Al-Farqu Bain al-Firaq, Cairo: Dâr al- Turâts.

Amîn, Ahmad, (1969). Fajr al-Islâm, Beirut: Dâr al-Kitâb al-'Arabi. cet. ke-10.

Hadariansyah, AB, (2008). Pemikiran-Pemikiran Teologi Dalam Sejarah Pemikiran Islam, Banjarmasin: Antasari Press, cet. ke-1.

Nasution, Harun, (1985). Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jilid 1, Jakarta: UI-Press, cet. ke-5.

Zhahiri, Ikhsan Ilahi, (1984). Al-Syi'ah Was Sunnah: Syiah dan Sunnah, terj. Bey Arifin, Surabaya: PT Bina Ilmu.

Majelis Ulama Indonesia, (1997). Himpunan Fatwa Majelis Ulama Indonesia, Jakarta: Majelis Ulama Indonesia.

Abû Zahrah, Syekh Muhammad, (1996). Aliran Politik dan Aqidah dalam Islam, terj. Abd. Rahman Dahlan dan Ahmad Qarib, Jakarta: Logos.

Thabathba'i, Muhammad Husain, (1989). Islam Syi'ah, Asal-Usul dan Perkembangannya, terj. Djohan Effendi, Jakarta: PT. Grafiti Press.

Shihab, M. Quraish, (2007). Sunnah-Syiah Bergandengan Tangan Mungkinkah ?: Kajian Atas Konsep Ajaran dan Pemikiran, Jakarta: Lentera Hati.

Musawi, Sayyid Husain, (2009). Mengapa Saya Keluar dari Syiah, terj. Iman Sulaiman, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, cet. ke-7.

Syahrastani, (t.th). al-Milal Wa al-Nihal, jilid 1, Beirut: Dâr al-Kutub al-'Ilmiyah.

Tim Penyusun, (2005). Ensiklopedi Islam, jilid 6, Jakarta: PT. Ichtiar Baru

Van Hoeve.

Downloads

Published

2017-05-18